• Assalamualaikum dok, saya aline 27 tahun, saat ini saya sedang hamil 7 minggu dan kadang saya ingin makan makanan yang pedas tapi dilarang oleh suami saya. yang jadi pertanyaan saya berbahayakah jika ibu yang sedang hamil muda makan makanan yang pedas dok? terima kasih.

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Makanan pedas sebenarnya aman dikonsumsi saat hamil karena tidak ada pengaruh yang membahayakan bagi janin yang sedang berkembang selama kehamilan, namun pada ibu hamil yang memiliki riwayat penyakit dispepsia atau gangguan lambung maka dapat berpengaruh terhadap kondisi ibu tersebut. Sebagian besar ibu hamil bisa makan makanan pedas tanpa ada masalah, namun sebagian ibu hamil lain bisa mengalami keluhan mulas dan juga  gangguan pencernaan lainnya.  Makanan yang justru mutlak harus dihindari saat hamil yaitu memakan makanan yang belum matang seperti seperti unggas atau makanan laut mentah, susu yang tidak dipasteurisasi dan lainnya.

    Makanan yang terlalu pedas bisa menyebabkan timbulnya gangguan seperti mulas dan refluks (naiknya) asam lambung . Jadi walaupun makanan pedas cukup aman dikonsumsi selama kehamilan, namun makan makanan pedas perlu dikurangi bila anda mengalami mulas atau masalah pencernaan lainnya. Oleh karena itu anda boleh makan makanan pedas namun harus memperhatikan kondisi lambung anda juga. Yang paling penting adalah makan makanan bernutrisi seimbang yang baik bagi perkembangan janin dan kondisi kesehatan ibu hamil.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    9 Sayuran untuk Ibu Hamil yang Wajib Dikonsumsi

    12 Manfaat Semangka untuk Ibu Hamil Beserta Efek Sampingnya

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

    terima kasih atas jawabannya dok. saya akan memberitahu suami saya jawaban dari dokter ini. ?

Beranda Tanya Dokter Benarkah Ibu Hamil Tidak Boleh Makan Makanan Pedas??

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.