• Saya Agung usia 17 tahun, beberapa hari yang lalu saya terkena sariawan pada gusi. Beberapa hari kemudian saya mengalami influenza. Selama dua hari saya merasakan demam, setelah itu hidung saya mencium bau tidak sedap atau terkena sinusitis. Semenjak saya terkena sinus itu muncullah  benjolan kecil di bawah rahang sebelah kiri. Benjolan tersebut sangat sakit dan sakit juga saat disentuh apalagi ketika kepala menoleh. Pertanyaannya adalah apakah benjolan di leher saya ini berbahaya atau tidak dok? Terimakasih.

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan benjolan sebenarnya bisa disebabkan oleh banyak hal dan bisa terjadi di seluruh bagian tubuh termasuk di leher. Penyebab keluhan ini sebenarnya sudah banyak dijelaskan dalam forum ini. Perlu digali informasi lebih detail mengenai karakteristik benjolan dan juga keluhan lain yang menyertai untuk membantu mengidentifikasi penyebab keluhan tersebut misalnya saja apakah benjolan terasa nyeri, apakah benjolan tampak meradang, sejak kapan keluhan muncul, bagaimana progresifitas timbulnya keluhan tersebut dan lain sebagainya.

    Berdasarkan informasi yang anda sampaikan dimana anda mengalami gejala infeksi saluran napas sebelumnya maka kemungkinan benjolan di leher bisa terjadi karena pembesaran kelenjar getah bening. Kelenjar getah bening berperan sebagai salah satu sistem imun tubuh. Jika tubuh sedang terserang infeksi maka kelenjar getah bening akan membesar sebagai salah satu respon tubuh terhadap adanya benda asing dalam tubuh. Setelah sumber infeksi diatasi maka kelenjar getah bening akan mengecil kembali. Namun diperlukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter untuk menyingkirkan kemungkinan penyebab lainnya. Pengobatan yang diberikan tergantung dari penyebab keluhan anda.

    Silakan baca artikel berikut:

    Beberapa Penyebab Benjolan di Leher yang Perlu Anda Tahu

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Apakah Benjolan di Leher Berbahaya?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.