• Dok mau tanya, kelopak mata saya tidak sakit tapi kalau di pegang ada benjolan di dalam kelopak mata dan itu di kedua kelopak mata saya. Kalau kelopak mata saya cubit jelas ada benjolan dan nyeri. Kira kira itu apa ya dok? Bagaimana cara menyembuhkannya? Karena sekarang kelopak mata saya jadi kelihatan bengkak.

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan kelopak mata bengkak bisa mengganggu penampilan sehingga banyak orang yang merasa tak nyaman dengan keadaan ini. Penyebab keluhan kelopak mata bengkak bisa terjadi karena penyakit tertentu yang mendasarinya sehingga perlu digali informasi secara lebih detail mengenai keluhan ini. Berikut adalah beberapa kemungkinan penyebab keluhan kelopak mata bengkak yakni:

    • Hordeolum atau bintitan merupakan salah satu penyebab keluhan bengkak pada kelopak mata. Terdapat benjolan pada kelopak mata akibat infeksi pada kelenjar minyak kelopak mata. Faktor yang mencetuskan keluhan ini antara lain karena higienitas yang kurang terjaga misalnya akibat sering mengucek kelopak mata, dan lain sebagainya. Selain terdapat benjolan, keluhan lain yang menyertai adalah adanya rasa nyeri pada bagian benjolan tersebut.
    • Kalazion merupakan infeksi kronik pada kelopak mata. Bentuknya mirip dengan hordeolum namun tidak ada tanda peradangan akut seperti nyeri dan merah pada benjolan.
    • Penyebab lainnya

    Ada baiknya anda memeriksakan diri ke dokter terutama dokter mata untuk memastikan penyebab keluhan anda. Pengobatan tergantung dari penyebab keluhan anda.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Hordeolum : Gejala, Penyebab, dan Pengobatan

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Bagaimana Cara Menyembuhkan Bengkak dan Benjol di Kelopak Mata?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.