• Selamat sore dok, kemarin saya habis melakukan operasi kecil di bagian gigi, dan saat operasi menggunakan anastesi lokal, sekarang bibir saya bengkak dok dan mati rasa, bagaimana cara meringankan bengkak nya dok, soalnya saya harus kembali bekerja, terima kasih

    Selamat malam.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang bengkak pada bibir pasca operasi gigi. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Tindakan pencabutan gigi atau disebut dengan ekstraksi gigi merupakan salah satu terapi yang bisa dilakukan pada gigi berlubang yang tidak bisa dipertahankan lagi atau pada gigi yang mengalami impaksi.

    Tindakan operasi gigi selain bermanfaat juga bisa menimbulkan komplikasi yakni antara lain:

    • Demam di 3 hari pertama pasca pencabutan. Hal ini bisa dialami oleh beberapa individu.
    • Adanya rasa baal atau parastesi yang bersifat sementara. Hal ini terjadi karena posisi gigi yang sangat dalam, atau akibat bersinggungan dengan  jarum suntik pada saat melakukan anestesi lokal.
    • Beberapa pasien juga bisa mengalami lebam berwarna kebiruan atau hematom pada daerah pipi bagian luar, yang umumnya akan hilang dalam waktu 10-14 hari. Hematom ini bisa terjadi akibat pecahnya pembuluh darah kapiler di pipi saat dilakukan tindakan anastesi dengan penyuntikan di daerah sekitar pipi.

    Pada kasus anda dimana terjadi bengkak pada bibir pasca operasi gigi memang salah satu efek yang bisa terjadi. Namun biasanya bengkak dan baal pada bibir ini makin lama akan berkurang.

    Pada umumnya bengkak akan terjadi selama 2 x 24 jam dan akan berangsur – angsur kembali normal seiring berjalannya waktu. Untuk meringankan bengkak nya anda dapat meminum obat anti inflamasi (peradangan) dan melakukan kompres dingin pada bibir anda.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Penyebab Bibir Bengkak dan Cara Mengatasinya

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Bengkak di Bibir Akibat Anastesi Lokal

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.