• Malam dok, keponakan saya perempuan, usia 19 tahun. Sudah 3 minggu ini ada benjolan di leher belakangnya. Awalnya 1 di leher kanan kemudian 3 hari kemudian muncul lagi 3 di sebelah kiri jika ditekan terasa sakit.

    Kemarin 2 hari berturut turut terasa nyeri, obat yang diminum antibiotik cefixime 2 x sehari selama 6 hari dan sudah cek darah dengan hasil : Neutrofil 29.0 Leukosit 58,0 Monosid 10,0 LED 40.

    Sebelum muncul benjolan sempat sakit kepala, demam dan kaku di otot leher. Menurut dokter neurologi, otot lehernya kaku karena posisi belajar yang terlalu lama menundukkan kepala dan stres karena mau ujian serta kurang istirahat. Oleh dokter diberi obat : sumagesic, opineuron, forres, lansoprazole 30 mg dan fitajoint roller 1 mg.

    Mohon penjelasannya dok, kira-kira gejala penyakit apa? Harus berobat ke dokter spesialis apa dan apakah benjolannya harus diambil cairannya untuk diperiksakan ke laboratorium? Terima kasih.

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan benjolan sebenarnya sudah banyak dibahas dalam forum diskusi ini. Benjolan bisa terjadi di seluruh bagian tubuh, termasuk yang paling sering pada leher. Namun penyebab keluhan ini sangat banyak sekali sehingga perlu dijelaskan secara detail mengenai karakteristik benjolan dan juga gejala penyertanya guna membantu mengidentifikasi penyebab keluhan tersebut.

    Benjolan pada leher bisa terjadi karena beberapa hal, paling sering adalah karena adanya gangguan di kelenjar getah bening misalnya saja karena infeksi atau tumor di kelenjar getah bening. Infeksi pada kelenjar getah bening bisa berupa infeksi primer artinya sumber infeksi berasal dari kelenjar itu sendiri atau merupakan infeksi sekunder yang sumber infeksinya berasal dari organ lain misalnya saja saat terjadi infeksi saluran napas maka kelenjar getah bening ikut membesar. Penyebab infeksi bisa karena virus, bakteri atau mikroorganisme lainnya. Selain karena infeksi pada kelenjar getah bening, penyebab lainnya bisa karena adanya tumor kelenjar getah bening atau tumor pada jaringan lunak lainnya misalnya tumor yang berasal dari lapisan lemak. Tumor bisa bersifat jinak ataupun ganas.

    Banyaknya kemungkinan penyebab ini membuat pentingnya pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang sehingga ada baiknya anda melakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter agar bisa dilakukan pemeriksaan – pemeriksaan tersebut secara langsung dan detail sehingga dapat tegak diagnosis penyakit yang anda alami. Pengobatan tergantung dari penyebab keluhan.

    Silakan baca artikel berikut:

    Beberapa Penyebab Benjolan di Leher yang Perlu Anda Tahu

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Bengkak di Leher Kanan dan Kiri, Gejala Apakah?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.