• selasa sore kan bdn saya panas, pusing trs rabu nya sy pgg tenggorokan sy knn kiri kyk bengkak gtu ( sy pikir sy kena amandel ) tp slma 2 hr itu sy cm minum adem sari aja abis 3 sachet.. trs kmmrn kamis sy ke puskesmas n kt dokter di sana sy kena gondongan.. mlh dokter nanya apa di lingkungan rmh sy ada yg kena penyakit gondongan krn ini menular… sy jg ga tau… sy tanya amandel ga dok ? dokter jwb bukan tp gondongan… trs sy jwb lg oohh krn sy jg sering mknn es batu dok.. dokter jwb ga pengaruh itu.. trs sy di ksh obat amoxicillin 500 mg 3 x 1, acyclovir 400mg 4 x 1, vit b complex 2 x 1, paracetamol 500mg 3 x 1… sy minum itu tp sampe skrg bengkaknya ga kempes2 jg… tp udah bs bwt nelen mknn.. tdnya sakit bgt bwt nelen jd dr selasa sore mpe rabu sharian saya ga mkn nasi cm mkn roti 2 potong itu pun jg sakit bwt nelen… mohon dokter di sini obat apa buat kempesin bengkak ini ( gondongan ).. atau ada yg punya resep herbal / alami buat kempesin gondongan pake apa ya dok? Terimakasih :)

    Selamat siang.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan nyeri tenggorokan banyak sekali menjadi keluhan yang dialami oleh beberapa individu. Penyebabnya beraneka ragam, yang paling sering karena infeksi. Namun penyebab infeksinya bisa karena berbagai macam mikroorganisme baik virus, bakteri atau mikroorganisme lainnya. Nyeri tenggorokan bisa terjadi karena adanya gangguan pada:

    • Faring. Infeksi pada faring disebut faringitis. Keluhan yang muncul berupa rasa nyeri saat menelan. Pada pemeriksaan fisik diketahui faring tampak kemerahan.
    • Laring bisa mengalami infeksi yang disebut sebagai laringitis. Gejala yang muncul bisa juga¬† berupa suara serak. Laringitis bisa terjadi bersamaan dengan faring. Dari pemeriksaan fisik, laring akan terlihat kemerahan .
    • Tonsil atau amandel bisa mengalami infeksi dan disebut tonsilitis. Gejala yang muncul juga bisa berupa rasa nyeri saat menelan. Dari pemeriksaan fisik diketahui adanya pembesaran amandel, kemerahan dan lainnya.
    • Penyebab lainnya

    Gondongan atau parotitis merupakan infeksi pada kelenjar parotis (kelenjar air liur di pipi) sehingga menyebabkan pipi dan leher terlihat membesar. Gondongan disebabkan karena infeksi virus yang sebenarnya dapat sembuh dengan sendirinya tanpa pengobatan khusus. Semakin baik daya tahan tubuh individu maka gondongan akan semakin cepat teratasi.

    Untuk memastikan apa yang sedang anda alami perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung baik dengan pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang jika diperlukan. Tatalaksana tergantung dari penyebab keluhan anda. Sayangnya saya sendiri tidak melakukan pemeriksaan secara langsung terhadap anda sehingga saya tidak bisa memastikan penyebab keluhan anda dan memberikan resep obat. Silakan periksa ulang ke dokter jika keluhan tidak membaik setelah obat habis.

    Silakan baca artikel berikut:

    Tenggorokan Sakit Saat Menelan

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Bengkak Nyeri di Tenggorokan Apa Obatnya?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.