• Dok,  saya ingin bertanya.

    Tepat dua minggu lalu saya jatuh dari motor. Bagian yang luka ada di punggung kaki dekat sedikit dengan mata kaki. Luka tidak terlalu dalam tapi kini sudah sedikit membaik. Saya seorang karyawan pabrik yang pekerjaan berdiri.

    Yang ingin saya tanyakan dok. Kaki saya kalau dibawa kerja selalu bengkak dok.  Sedang kalau dirumah bengkak nya kempes kaerna saya sering naikan kaki lebih tinggi, dan itu begitu terus.

    Saya sudah ke tukang urut katanya tidak ada keseleo atau apa sudah kedokter juga katanya tidak ada keretakan.

    Saya sudah sering ijin cuti untuk istirahat. Bagaimana agar tidak berkepanjangan seperti ini dok.

    Selamat pagi.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan bengkak pada kaki. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Tungkai bengkak bisa disebabkan oleh banyak hal. Ada beberapa penyebab keluhan bengkak pada tungkai mulai dari paha hingga ke kaki yakni karena beberapa keadaan sebagai berikut:

    1. Cairan yang menumpuk di dalam tubuh misalnya pada penyakit gangguan ginjal seperti sindrom nefrotik.
    2. Kegiatan yang berdiri lama juga bisa menyebabkan bengkak pada kaki karena adanya tekanan yang terus menerus pada bagian ini. Kegiatan berdiri terus menerus ini membuat peredaran darah tak lancar.
    3. Adanya peradangan pada tungkai juga bisa menyebabkan bengkak pada kaki.
    4. Penyebab lainnya

    Untuk memastikan penyebab keluhan anda sebaiknya dikonsultasi kan langsung dengan dokter agar bisa dilakukan pemeriksaan fisik dan atau pun penunjang secara lebih detail.

    Pengobatan tergantung dari penyebab keluhan. Namun berdasarkan riwayat pekerjaan anda dimana anda kerap berdiri lama ada baiknya dikurangi atau setidaknya seringkali beristirahat dengan duduk atau meluruskan kaki.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Kenapa Kalau Kaki Bengkak Posisi Kaki Harus Lebih Tinggi?

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Bengkak pada Bagian Kaki

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.