• Selamat Siang dok, saya telah menjalani operasi pasang pen di 3 jari kaki saya. Setelah pen dicabut kenapa telapak kaki saya masih bengkak? Apakah ada infeksi ataukah itu hal yang normal, serta berapa lama bengkaknya bisa kembali normal?

    Selamat siang.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Setiap tindakan medis pasti memiliki risiko kesehatan yang dapat muncul, termasuk tindakan pembedahan atau operasi yang dilakukan pada kasus patah tulang (fraktur) misalnya pasca operasi pencabutan pen. Namun sebenarnya frekuensi timbulnya resiko atau komplikasi ini bisa ditekan sehingga tidak terlalu sering terjadi dengan beberapa upaya. Komplikasi yang muncul setelah prosedur operasi antara lain mulai dari alergi terhadap obat anestesi, perdarahan, infeksi hingga timbul nyeri dan bengkak pasca operasi.

    Pada kasus yang anda alami, bengkak muncul pasca operasi pelepasan pen di tulang yang patah. Penyeabbnya bisa karena infeksi, karena proses penyembuhan jaringan yang belum pulih total atau karena lainnya. Untuk memastikannya memang perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter. Secara umum untuk mengurangi bengkak sesudah operasi dapat dilakukan dengan beberapa berupa antara lain :

    1. Melakukan pengompresan dengan air dingin atau es pada area yang bengkak untuk mengurangi inflamasi atau peradangan dan bengkak yang muncul.
    2. Istirahatkan bagian tubuh yang bengkak dan jangan melakukan aktivitas berat atau terlalu memforsir bagian tubuh tersebut dalam melakukan aktivitas.
    3. Jika bengkak belum berkurang dengan cara – cara di atas, maka dapat digunakan obat anti inflamasi yang berperan untuk mengurangi bengkak/ inflamasi dan nyeri yang muncul.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Bengkak Sesudah Operasi Patah Tulang

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Mengapa Bengkak Tak Kunjung Normal Pasca Cabut Pen di Jari?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.