• Selamat siang

    Dokter, saya mahasiswi 22th. Mau nanya, di leher bagian belakang tiba-tiba ada benjolan kecil keras, tapi jika di pegang tidak sakit dan tidak nyeri. Kira-kira kenapa ya? Terimakasih.

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan benjolan di bagian leher belakang atau bagian belakang kepala bisa disebabkan oleh banyak hal. Sayangnya anda kurang menjelaskan secara detail mengenai karakteristik benjolan tersebut dan juga keluhan lain yang menyertainya. Hal ini sebenarnya penting untuk membantu mengidentifikasi penyebab keluhan tersebut misalnya apakah benjolan terasa nyeri, apakah benjolan tampak meradang, apakah benjolan bisa digerakkan dari dasarnya dan lain sebagainya.

    Benjolan di bagian belakang leher bisa terjadi karena beberapa hal, yang paling sering akibat kelenjar getah bening yang membesar. Kelenjar getah bening berperan sebagai salah satu sistem imun tubuh. Jika tubuh sedang terserang infeksi maka kelenjar getah bening akan membesar sebagai salah satu respon tubuh terhadap adanya benda asing dalam tubuh. Pembesaran kelenjar getah bening karena infeksi disebut juga sebagai limfadenitis. Selain karena infeksi, pembesaran pada kelenjar getah bening juga bisa terjadi karena tumor. Namun perlu dilakukan pemeriksaan secara detail untuk memastikan penyebabnya.

    Selain akibat kelenjar getah bening, penyebab lainnya bisa karena adanya tumor jaringan lunak pada bagian belakang kepala, infeksi di kulit, kutil dan masih banyak lagi. Banyaknya kemungkinan penyebab ini membuat pentingnya pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang sehingga ada baiknya anda melakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter agar bisa dilakukan pemeriksaan – pemeriksaan tersebut secara langsung dan detail sehingga dapat tegak diagnosis penyakit yang anda alami.

    Silakan baca artikel berikut:

    Benjolan di Kepala? Ketahui Penyebabnya

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Benjol di Leher Bagian Belakang Tidak Sakit, Apa Sebabnya?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.