• Dok saya mau tanya ibu saya sekitar 5 tahun yang lalu periksa ke SpOG katanya terdapat kista dalam rahim tapi bisa mengecil kalau menopause,1 bulan yang lalu periksa ke SpOG lagi.

    Kata dokter dalam rahim ibu saya ada benjolan padahal ibu saya sudah menopause, dan sekarang 1 minggu lebih keputihan berwarna dan berbau, kira kira sakit apa dok dan harus kemana saya periksa dok??? Terimakasih.

    Selamat pagi.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keputihan dan benjolan di rahim.

    Keputihan bisa disebabkan oleh banyak hal. Sayangnya dalam forum ini anda tidak menjelaskan secara detail karakteristik keputihan yang ibu anda alami dan juga gejala yang menyertainya agar dapat ditentukan kemungkinan penyebab keluahan tersebut. Secara umum penyebab keputihan antara lain karena:

    1. Infeksi jamur, misalnya candidiasis bisa menimbulkan keputihan. Biasanya sekret atau cairan yang keluar berwarna putih susu dan juga disertai keluhan gatal pada kemaluan. Hal ini dicetuskan terutama karena daerah kemaluan yang terlalu lembab sehingga memudahkan jamur berkembang.
    2. Infeksi trichomonas bisa menyebabkan keputihan berwarna kehijauan.
    3. Infeksi bakteri atau vaginosis bakterialis juga bisa menyebabkan keluhan keluar keputihan, biasanya berwarna keabuan dan tercium bau amis (fishy odor).
    4. Penyebab lainnya

    Begitu pula dengan keluhan adanya benjolan pada rahim bisa disebabkan oleh banyak hal misalnya tumor baik jinak maupun ganas, kista dan lainnya.

    Tidak semua tumor ataupun kista dapat menghilang ketika seseorang sudah menopause. Ada yang benjolan akan terus menetap dalam rahim sehingga butuh terapi lebih lanjut oleh dokter.

    Oleh karena itu untuk memastikan penyebab keluhan ibu anda ada baiknya dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter sehingga bisa dilakukan pemeriksaan fisik dan atau pun penunjang yang dibutuhkan untuk menegakkan diagnosis penyakit yang ibu anda alami. Pengobatan yang diberikan tergantung dari penyebab keluhan.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Keputihan, Normal atau Penyakit??

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Benjolan Dalam Rahim dan Keputihan Berbau

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.