• Usia saya 38 tahun, dua hari ini ketiak saya tumbuh benjolan terasa keras dan nyeri. Saya ingin bertanya sampai jangka maksimal berapa lama saya bisa memastikan bahwa benjolan tersebut bukan penyakit yang serius tanpa harus ke dokter dahulu? Mohon penjelasannya. Terima kasih.

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Benjolan pada ketiak bisa disebabkan oleh banyak hal. Sayangnya dalam forum ini anda tidak menjelaskan bagaimana karakteristik benjolan tersebut mulai dari ukuran, bentuk, konsistensi, warna, apakah benjolan tersebut mobile (bisa digerakkan) atau terfiksir (tidak bisa digerakkan). Sebagai informasi untuk anda, penyebab benjolan bisa karena adanya gangguan pada folikel rambut, lapisan kulit, kelenjar getah bening atau dari bagian lain. Berikut akan dijelaskan beberapa kemungkinan penyebab benjolan pada ketiak yakni:

    • Folikulitits. Yakni merupakan infeksi pada folikel rambut. Penyebabnya terutama karena bakteri Staphylococcus yang menyerang kulit yang sedang luka. Biasanya dicetuskan karena kebiasaan mencukur bulu ketiak dengan alat yang kurang bersih.
    • Limfadenitis atau infeksi pada kelenjar getah bening. Penyebabnya bisa karena infeksi primer pada kelenjar tersebut atau bisa juga karena infeksi sekunder dari tempat lain.
    • Limfoma atau tumor pada kelenjar getah bening juga bisa menjadi penyebab keluhan benjolan pada ketiak.
    • Tumor jinak kulit yang berasal dari lapisan kulit misalnya lipoma, fibroma dan lain sebagainya.

    Jika keluhan yang anda alami berupa nyeri maka bisa jadi penyebabnya karena infeksi. Anda bisa mengamati dalam 1 hingga 2 minggu ke depan, jika tidak ada perbaikan silakan periksakan langsung ke dokter.

    Benjolan di Ketiak : Penyebab dan Pengobatannya

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Berapa Lama untuk Memastikan Benjolan di Ketiak Bukan Penyakit Serius?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.