• Selamat siang dok. Saya Satrya, umur 27 tahun. Ada hal yang ingin saya tanyakan mengenai benjolan di ketiak sebelah kanan. Jika disentuh terasa seperti ada gumpalan di dalam derm,  dan setelah saya insisi kecil bukan nanah melainkan darah. Saya seorang perokok aktif.

    Pertanyaan saya,  apakah benjolan tersebut hanya karena infeksi(tapi tidak ada nanah), saya tdk sedang mencukur bulu ketiak, dan yang saya takutkan adalah non-hodgkin lymphoma.

    Menurut dokter apa penyakit tersebut dan apa yang harus saya lakukan?

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan benjolan termasuk salah satu keluhan yang sering muncul dalam forum ini. Benjolan bisa terjadi mulai dari ujung kepala hingga ujung kaki. Ketiak merupakan salah satu daerah yang tidak lepas dari keluhan ini. Penyebab benjolan termasuk benjolan di ketiak sangat banyak sehingga perlu dilakukan pemeriksaan secara lebih detail dan perlu digali informasi secara lengkap mengenai karakteristik benjolan dan juga keluhan lain yang menyertai untuk membantu mengidentifikasi penyebab keluhan tersebut misalnya apakah benjolan terasa nyeri, apakah benjolan tampak meradang dan lain sebagainya.

    Benjolan di ketiak bisa terjadi karena beberapa hal misalnya saja infeksi pada folikel rambut ketiak (folikulitis), infeksi kelenjar getah bening (limfadenitis), tumor kelenjar getah bening (limfoma) dan lain sebagainya. Tindakan yang anda lakukan dengan menginsisi benjolan tersebut sangatlah berbahaya karena jika benjolan terjadi karena kanker maka dapat meningkatkan risiko penyakit kanker dan jika penyebabnya karena infeksi maka dapat meningkatkan risiko penyebaran infeksi yang lebih luas.

    Banyaknya kemungkinan penyebab ini membuat pentingnya pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang sehingga ada baiknya anda melakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter agar bisa dilakukan pemeriksaan – pemeriksaan tersebut secara langsung dan detail sehingga dapat tegak diagnosis penyakit yang anda alami. Tidak bisa diagnosis ditegakkan hanya berdasarkan informasi singkat seperti yang anda sampaikan dalam forum ini.

    Silakan baca artikel berikut:

    Benjolan di Ketiak : Penyebab dan Pengobatannya

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Bagaimana Mengatasi Benjolan di Ketiak?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.