• Selamat malam dok.
    Dok saya ingin bertanya, di leher saya ada benjolan yang sudah menahun. Kadang sakit kadang tidak, dan kadang bertambah besar tetapi kadang mengecil lagi. Apakah itu termasuk sakit kelenjar ya dok?
    Sekarang benjolan di leher sedang mengecil, tapi malah muncul benjolan lain di ketiak. Sudah diperiksa di puskesmas kata dokternya abses, dan di suruh berobat dulu. Apabila tidak kunjung sembuh harus di operasi, dan saya sudah tiga kali berobat tapi belum ada perubahan. Saya heran, setiap berobat beda dokter dan beda pula obatny. Mengapa itu dok? Dan bagaimana saya mengobatinya? Terima kasih atas penjelasannya dok.

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan benjolan sebenarnya bisa disebabkan oleh banyak hal. Keluhan ini bisa terjadi mulai dari ujung kepala hingga ujung kaki, termasuk di leher dan ketiak. Penyebab keluhan ini sangat banyak sekali sehingga perlu dijelaskan secara detail mengenai karakteristik benjolan dan juga keluhan lain yang menyertai untuk membantu mengidentifikasi penyebab keluhan tersebut misalnya saja apakah benjolan terasa nyeri, apakah benjolan tampak meradang, sejak kapan keluhan muncul, bagaimana progresifitas timbulnya keluhan tersebut dan lain sebagainya.

    Benjolan di leher dan ketiak bisa terjadi karena beberapa hal, paling sering adalah karena gangguan di kelenjar getah bening. Penyebabnya bisa karena infeksi atau tumor. Infeksi pada kelenjar getah bening bisa terjadi karena virus, bakteri atau mikroorganisme lainnya. Sumber infeksinya bisa pada kelenjar itu sendiri atau berasal dari organ lain misalnya infeksi saluran napas atas dan sebagainya. Kelenjar getah bening berperan sebagai salah satu sistem imun tubuh. Jika tubuh sedang terserang infeksi maka kelenjar getah bening akan membesar sebagai salah satu respon tubuh terhadap adanya benda asing dalam tubuh. Selain karena infeksi pada kelenjar getah bening, penyebab lainnya bisa karena adanya tumor kelenjar getah bening atau tumor pada jaringan lunak lainnya misalnya tumor yang berasal dari lapisan lemak.

    Banyaknya kemungkinan penyebab ini membuat pentingnya pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang sehingga ada baiknya anda melakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter agar bisa dilakukan pemeriksaan – pemeriksaan tersebut secara langsung dan detail sehingga dapat tegak diagnosis penyakit yang anda alami. Pengobatan tergantung dari penyebab keluhan.

    Silakan baca artikel berikut:

    Beberapa Penyebab Benjolan di Leher yang Perlu Anda Tahu

    Benjolan di Ketiak : Penyebab dan Pengobatannya

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Bagaimana Mengobati Benjolan di Ketiak dan Leher?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.