• Selamat siang dok . Mohon maaf sebelumnya ,saya ingin konsultasi dok. Sudah hampir 4 minggu di area leher sebelah kanan istri saya terdapat benjolan. Awal mulanya benjolan tersebut kecil dok, tapi setelah akhir akhir ini saya perhatikan jadi agak membesar. Istri saya sekarang mengeluh rasa sakit pada area benjolan tersebut dan terasa pusing. Seminggu belakangan ini saya coba kompres.

    Sebelumnya sudah saya bawa ke dokter tapi indikasi dokter yang memeriksa istri saya mengatakan “mungkin ini hanya lemak atau radang pak”. Setelah itu, dokter hanya memberikan obat paracetamol dan ada 3 obat lainnya seperti obat radang dan penghilang rasa sakit saja. Obat tersebut hanya bertahan 1 minggu saja. selama 1 minggu minum obat, istri tidak mengeluh sakit ataupun pusing. Tapi setelah obat habis istri saya kembali merasakan sakit dan pusing lagi ketika bangun tidur dan malam hari.

    Tolong jelaskan penyakit apa yang sedang istri saya rasakan ini dok! Serta bagaimana mengobatinya?

    Tolong bantuannya dok agar istri saya bisa cepat sembuh .

     

    Terima kasih
    <p style=”text-align: center;”>Selamat siang .</p>

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan benjolan sebenarnya bisa disebabkan oleh banyak hal dan bisa terjadi pada semua bagian tubuh, termasuk leher.Penyebabnya sangat banyak sekali sehingga perlu dijelaskan secara detail mengenai karakteristik benjolan dan juga keluhan lain yang menyertai untuk membantu mengidentifikasi penyebab keluhan tersebut misalnya saja apakah benjolan terasa nyeri, apakah benjolan tampak meradang, sejak kapan keluhan muncul, bagaimana progresifitas timbulnya keluhan tersebut dan lain sebagainya.

    Benjolan di leher bisa terjadi karena beberapa hal, paling sering adalah karena gangguan di kelenjar getah bening. Penyebabnya bisa karena infeksi atau tumor. Infeksi pada kelenjar getah bening bisa terjadi karena virus, bakteri atau mikroorganisme lainnya. Sumber infeksinya bisa pada kelenjar itu sendiri atau berasal dari organ lain misalnya infeksi saluran napas atas dan sebagainya. Kelenjar getah bening berperan sebagai salah satu sistem imun tubuh. Jika tubuh sedang terserang infeksi maka kelenjar getah bening akan membesar sebagai salah satu respon tubuh terhadap adanya benda asing dalam tubuh. Selain karena infeksi pada kelenjar getah bening, penyebab lainnya bisa karena adanya tumor kelenjar getah bening atau tumor pada jaringan lunak lainnya misalnya tumor yang berasal dari lapisan lemak.

    Banyaknya kemungkinan penyebab ini membuat pentingnya pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang sehingga ada baiknya anda melakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter agar bisa dilakukan pemeriksaan – pemeriksaan tersebut secara langsung dan detail sehingga dapat tegak diagnosis penyakit yang anda alami. Pengobatan tergantung dari penyebab keluhan.

    Silakan baca artikel berikut:

    Beberapa Penyebab Benjolan di Leher yang Perlu Anda Tahu

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Bagaimana Mengobati Benjolan di Leher Kanan Istri?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.