• Selamat sore dok, anak saya hari ini mengeluh tentang ada benjolan di leher kirinya, dia baru tau pagi ini,, dia bilang kalo dipencet sakit, suhu badannya 37,7 C, nelan agak sakit, pusing dikit, klo Abis bangun tidur pusing.

    Saya bingung harus kemana dulu, karena suami saya meninggal di umur 31 karena liphoma maligna, saya takut salah langkah lg spt dulu, percaya tindakan operasi, yg ternyata membuat suami sy meninggal, Mohon dok saya diberi petunjuk harus bagaimana. Trimakasih

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan benjolan sebenarnya bisa disebabkan oleh banyak hal dan bisa terjadi di seluruh bagian tubuh termasuk leher. Untuk memastikan penyebab keluhan ini perlu dijelaskan secara detail mengenai karakteristik benjolan dan juga keluhan lain yang menyertai guna membantu mengidentifikasi penyebab keluhan tersebut misalnya saja apakah benjolan terasa nyeri, apakah benjolan tampak meradang, sejak kapan keluhan muncul, bagaimana progresifitas timbulnya keluhan tersebut dan lain sebagainya.

    Penyebab benjolan di leher paling sering karena gangguan kelenjar getah bening (KGB). Namun penyeba gangguan ini bisa karena beberapa hal termasuk infeksi (baik infeksi primer pada KGB itu sendiri atau infeksi pada organ lainnya) atau karena tumor. Infeksi pada kelenjar getah bening bisa terjadi karena virus, bakteri atau mikroorganisme lainnya. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, sumber infeksinya bisa pada kelenjar itu sendiri atau berasal dari organ lain misalnya infeksi saluran napas atas dan sebagainya. Karena peran KGB sebagai salah satu mekanisme pertahanan tubuh maka saat organ tubuh tertentu sedang bermasalah karena infeksi, kelenjar ini bisa ikut membesar. Selain karena infeksi pada kelenjar getah bening, penyebab lainnya bisa karena adanya tumor kelenjar getah bening atau tumor pada jaringan lunak lainnya misalnya tumor yang berasal dari lapisan lemak.

    Banyaknya kemungkinan penyebab ini membuat pentingnya pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang sehingga ada baiknya anda melakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter agar bisa dilakukan pemeriksaan – pemeriksaan tersebut secara langsung dan detail sehingga dapat tegak diagnosis penyakit yang anda alami. Pengobatan tergantung dari penyebab keluhan.

    Silakan baca artikel berikut:

    Beberapa Penyebab Benjolan di Leher yang Perlu Anda Tahu

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Benjolan di Leher Kiri pada Anak 10 Tahun

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.