• Hai dok! Selamat pagi..
    Begini.. Ada benjolan dok di selangkangan kanan saya. Keluhan ini mulai terasa sekitar 4 bulan yang lalu. Rasanya kalau ditekan agak keras dan tidak sakit.

    Sewaktu-waktu rasa sakit terasa di daerah paha dan jika berjalan pun terasa sakit tetapi lama kelamaan sakit itu hilang dok dan terasa lagi di lain waktu dengan jarak waktu yang cukup lama. Ketika sedang jongkokpun terasa seperti ada yang mengganjal di daerah selangkangan.

    Saya khawatir dok karena di sebelah kirinya juga ada benjolan kecil tetapi tidak sebesar yang di sebelah kanan. Awalnya benjolan itu hanya benjolan kecil dok, tetapi lama kelamaan agak membesar dok. Saya takut dok benjolan itu akan bertambah besar. Saya kenapa ya dok? Mohon dijawab. Terima kasih dok.

    Selamat Pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan benjolan di selangkangan bisa disebabkan karena banyak hal. Harus dipastikan benjolan yang muncul berupa massa padat atau dalam bentuk kista (kantong berongga bisa berisi cairan, udara, nanah atau bahan lain), atau dalam bentuk lainnya. Banyaknya kemungkinan penyebab membuat perlunya digali informasi secara lebih detail guna membantu mengidentifikasi kemungkinan penyebab mulai dari kapan benjolan muncul, faktor yang mencetuskan timbulnya keluhan, faktor yang meringankan atau memperberat keluhan, bentuk benjolan, ukuran, gejala penyerta dan lain sebagainya. Jenis kelamin pasien juga turut membantu menentukan kemungkinan penyebab. Sayangnya dalam forum ini anda tidak menjelaskannya secara rinci.

    Sebagai informasi untuk nda, ada beberapa penyebab benjolan pada selangkangan yaitu antara lain:

    1. Tumor pada jaringan lunak kulit mulai dari fibroma dan lain sebagainya.
    2. Kutil (veruka vulgaris),  condiloma acuminata, moluscum kontagiosum dan lain sebagainya.
    3. Folikulitis jika benjolan terjadi pada saat infeksi batang rambut kemaluan.
    4. Hernia inguinalis juga bisa menyebabkan keluhan benjolan pada selangkangan.
    5. Gangguan pada kelenjar getah bening baik karena infeksi ataupun tumor KGB.
    6. Dan lain sebagainya

    Penanganan yang diberikan berbeda tergantung diagnosis penyebab oleh karena itu ada baiknya dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter baik dengan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang untuk memastikan kemungkinan penyebab keluhan anda.

    Varikokel : Gejala, Penyebab, Pengobatan

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Apa Penyebab Benjolan di Selangkangan?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.