• Doname

    Assalamualaikum buk

    Saya mau bertanya buk,  saya beberapa hari ada ke anehan di ujung kemaluan saya bagian bawah,  yaitu muncul benjolan merah,  apa penyebab nya buk,  dan penyakitnya apa itu buk.?

    Ada gatal gatal juga . Mohon buk jelaskan sedikit tentang ini.  Terimakasi

    Selamat malam.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan benjolan pada kemaluan. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Keluhan benjolan pada kemaluan bisa disebabkan karena banyak hal. Harus dipastikan benjolan yang muncul berupa massa padat atau dalam bentuk kista (kantong berongga bisa berisi cairan, udara, nanah atau bahan lain), atau dalam bentuk lainnya. Sayangnya anda tidak menjelaskan karakteristik secara detail dan tidak menyebutkan jenis kelamin anda.

    Ada beberapa penyebab benjolan pada kemaluan yaitu antara lain:

    1. Kista bartholin. Berasal dari kelenjar bartholin yang berada pada vagina. Kelenjar bartholin mengalami infeksi sehingga mengandung nanah pada bagian dalam bibir vagina. Kista gartner. Umumnya berisi cairan pada dinding vagina.
    2. Kista inklusi vagina, yang sering terjadi karena peradangan dinding vagina setelah trauma paska persalinan atau setelah operasi.
    3. Tumor jinak
    4. Folikulitis jika benjolan terjadi pada saat infeksi batang rambut kemaluan. Bisa terjadi pada pria dan wanita.
    5. Infeksi baik karena virus, bakteri maupun jamur.
    6. Dan lain sebagainya

    Perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung baik dengan pemeriksaan fisik maupun penunjang untuk memastikan penyebab keluhan anda. Penanganan yang diberikan berbeda tergantung diagnosis penyebab oleh karena itu ada baiknya dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter untuk memastikan kemungkinan penyebab keluhan anda.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Benjolan di Ujung Kemaluan Berwarna Merah

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.