• Ahmad romdhoni

    Selamat sore dok..

    Sebelumnya saya memiliki 2 benjolan di rahang sebelah kiri dan kanan. Tiga minggu yang lalu saya baru saja menyelesaikan operasi benjolan di bawah rahang sebelah kiri, dan hasil lab dan rongsen menunjukan kalau saya terkena TBC di paru-paru dan kelenjar.

    Sedangkan benjolan disebelah kanan saya tidak diambil/tangani karena kata dokter specialis bedah benjolan yang sebelah kanan saya akan ditangani oleh dokter paru dengan obatnya. sehingga dokter bedah mengalihkan saya ke dokter paru guna penanganan lebih lanjut.

    Pertanyaan saya, apa benar benjolan saya yang sebelah kanan bisa kempis/sembuh dengan obat-obatan tanpa perlu operasi.?

    Apa saja hal yang perlu dihindari (makan/kegiatan) agar benjolan saya tidak membengkak.?

    Selamat sore.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan limfadenitis TBC. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    TBC bisa terjadi pada paru, kelenjar getah bening, dan organ lainnya. Pada dasarnya semua manifestasi infeksi kuman TBC di organ manapun bersifat dapat ditularkan.

    Hanya memang TBC paru lah yang sangat menular dibandingkan TBC pada organ lainnya. Limfadenitis tuberkulosis (TBC) atau TBC kelenjar merupakan infeksi bakteri Micobacterium tuberculosis yang mengenai kelenjar getah bening.

    Gejala TBC kelenjar antara lain antara lain berupa benjolan pada leher, demam tanpa sebab yang jelas dalam 1 bulan terakhir terutama saat malam hari, penurunan berat badan dan lain sebagainya.

    Pengobatan pasien yang baru pertama kali mengalami TBC kelenjar adalah dengan minum obat antituberkulosis selama minimal 6-9 bulan berturut – turut tanpa henti.

    Jika terjadi kasus putus obat maka perlu dilakukan pengobatan ulang. Untuk orang yang tinggal serumah terutama pada anak perlu diberikan obat TBC antiprofilaksis untuk pencegahan.

    Jadi memang tidak semua pembengkakan kelenjar perlu dioperasi. Tidak ada pantangan makanan atau kegiatan yang perlu anda hindari untuk mencegah membesarnya kelenjar. Anda hanya harus memastikan minum obat dengan teratur tanpa terlambat hingga pengobatan selesai.

    Silakan konsultasi dengan dokter terutama dokter anak untuk mendapatkan pemeriksaan dan pengobatan yang sesuai bagi anak anda.

    Ciri-Ciri Penyakit TBC (Tuberkulosis)

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Benjolan Dibawah Rahang Karena TBC

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.