• Pagi dok, saya wanita berusia 35 tahun. Beberapa bulan lalu ada benjolan sebesar biji jagung pada ketiak kanan saya. Sakitnya terasa sampai lengan sehingga tangan kanan susah diangkat. Saya kompres air hangat dan diolesi minyak kelapa, beberapa hari kemudian benjolan itu hilang.

    Sekarang muncul lagi benjolan itu di tempat yang sama. Namun tidak ada benjolan di p4yud4r4. Apakah benjolan itu gejala kanker p4yud4r4 atau bukan dok?

    Terimakasih.

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan benjolan termasuk salah satu keluhan yang sering muncul dalam forum ini. Benjolan bisa terjadi mulai dari ujung kepala hingga ujung kaki. Ketiak merupakan salah satu daerah yang tidak lepas dari keluhan ini. Penyebab benjolan termasuk benjolan di ketiak sangat banyak sehingga perlu dilakukan pemeriksaan secara lebih detail dan perlu digali informasi secara lengkap mengenai karakteristik benjolan dan juga keluhan lain yang menyertai untuk membantu mengidentifikasi penyebab keluhan tersebut misalnya apakah benjolan terasa nyeri, apakah benjolan tampak meradang dan lain sebagainya.

    Benjolan di ketiak bisa terjadi karena beberapa hal misalnya saja infeksi pada folikel rambut ketiak (folikulitis) yang salah satu penyebabnya akibat higiene yang tak terjaga, akibat kebiasaan mencukur rambut ketiak yang tak bersih dan lainnya. Selain karena folikulitis, penyebab lainnya misalnya karena infeksi pada kelenjar getah bening di ketiak, baik infeksi karena virus, bakteri atau mikroorganisme lainnya. Penyebab lainnya bisa karena adanya tumor jaringan lunak pada bagian ketiak dan masih banyak lagi.

    Selain karena infeksi, benjolan juga bisa karena adanya tumor misalnya tumor pada kelenjar getah bening, tumor yang berasal dari jaringan lemak (lipoma) dan lain sebagainya. Banyaknya kemungkinan penyebab ini membuat pentingnya pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang sehingga ada baiknya anda melakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter agar bisa dilakukan pemeriksaan – pemeriksaan tersebut secara langsung dan detail sehingga dapat tegak diagnosis penyakit yang anda alami. Tidak bisa mengetahui apakah benjolan terjadi karena keganasan (kanker) atau bukan hanya berdasarkan informasi singkat di forum ini.

    Silakan baca artikel berikut:

    Benjolan di Ketiak : Penyebab dan Pengobatannya

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

    Terima kasih dokter atas jawabannya.

    Pada benjolan saya ini memang keras, kemerahan dan terasa nyeri,tapi saya tidak demam.ketika saya amati didepan cermin tidak ada perubahan pada payudara,disekitar areola saya ada seperti kulit yang terkupas warna putih tapi tidak sakit,dan di payudara sebelah kiri saya ada semacam jerawat kecil kemerahan dekat dada tapi tidak sakit dok,

    Apakah ini juga gejala kanker payudara, jika ada benjolan seperti jerawat pada payudara kiri dan benjolan pada ketiak kanan dok ?

    Saya sangat awam sekali dengan benjolan ini,sehingga saya sangat berharap mendapatkan penjelasan yang lebih jelas dari dokter.

    Terima kasih

Beranda Tanya Dokter Benjolan Diketiak Kanan

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.