• Pagi dok .saya mau tanya istri saya berusia 34 tahun mengalami benjolan di ketiak 5 hari yang lalu setelah mencukur bulu ketiak.

    selang sehari ketiak terasa sakit dan ada benjolan keras sebesar telur puyuh sudah 5 hari ini di kompres hangat agak berkurang sakitnya tapi benjolan itu sampai hari ini belum hilang.

    dia semalam demam dan keluar keringat.kepala pusing,apakah ini suatu penyakit berbahaya atau inveksi saja dok,benjolan itu tadi memar merah karena berada di dalam kulit. di tunggu  jawaban nya ya dok.terima kasih

    Selamat pagi, terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com

    Perlu diketahui bahwa ada banyak penyebab yang bisa menimbulkan keluhan berupa benjolan di ketiak. Untungnya setiap penyebab memiliki ciri-ciri tertentu meskipun ada kemiripan antara penyebab satu dengan yang lainnya.

    Berdasarkan riwayat yang anda sampaikan, benjolan pada ketiak tersebut muncul setelah istri anda mencukur bulu ketiak. jika memang demikian, maka kemungkinan besar penyebab dari benjolan di ketiak tersebut adalah infeksi karena masuknya kuman melalui luka yang terjadi selama proses mencukur bulu ketiak.

    Infeksi biasanya didahului oleh masuknya bakteri melalui folikel-folikel rambut. Oleh sebab itu infeksi ini disebut sebagai furunkel atau bahasa awamnya kita kenal dengan istilah bisul. Pada tahap awal memang tanda dan gejala yang muncul biasanya Hanya berupa penonjolan dan disertai dengan rasa nyeri yang awalnya ringan namun lama-kelamaan menjadi sangat nyeri. Seiring dengan berkembangnya penyakit atau infeksi yang terjadi maka tubuh bisa mengalami demam.

    Ketika demam terjadi maka sebaiknya pasien diterapi dengan antibiotik yang diresepkan oleh dokter karena dikhawatirkan infeksi bisa menyebar dan semakin luas yang bisa membahayakan.

    Sudah benar jika dilakukan pengompresan sebelumnya namun hindari penekanan pada benjolan tersebut karena menekan-nekan dapat mempermudah penyebaran infeksi.

    Untuk saat ini periksakanlah istri anda ke dokter guna mendapatkan diagnosis dan penanganan yang lebih tepat termasuk terapi antibiotik yang sesuai.

    Cukup sekian jawaban yang dapat kami sampaikan semoga membantu.

Beranda Tanya Dokter Benjolan di Ketiak Kanan Keras dan Sakit

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.