• Dokter, anak saya berusia 6 tahun. Memiliki benjolan di leher kanan dan kiri. Awalnya hanya beberapa benjolan, sekarang jumlah benjolannya bertambah dengan ukuran yang berbeda. Namun ukuran benjolan tidak terlalu besar. Bila diraba tidak sakit. Kira-kira apa ya dok? Dan apakah berbahaya?

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan benjolan pada tubuh termasuk di leher sebenarnya bisa disebabkan oleh banyak hal dan sudah banyak dijelaskan dalam forum ini. Oleh karena penyebabnya sangat banyak sekali maka perlu dijelaskan secara detail mengenai karakteristik benjolan dan juga keluhan lain yang menyertai untuk membantu mengidentifikasi penyebab keluhan tersebut misalnya saja apakah benjolan terasa nyeri, apakah benjolan tampak meradang, sejak kapan keluhan muncul, bagaimana progresifitas timbulnya keluhan tersebut dan lain sebagainya.

    Benjolan di leher bisa terjadi karena beberapa hal, paling sering adalah karena gangguan di kelenjar getah bening. Penyebabnya bisa karena infeksi atau tumor. Infeksi pada kelenjar getah bening bisa terjadi karena virus, bakteri atau mikroorganisme lainnya. Sumber infeksinya bisa pada kelenjar itu sendiri misalnya limfadenitis TBC atau merupakan infeksi sekunder yang berasal dari organ lain misalnya infeksi saluran napas atas dan sebagainya. Tumor pada kelenjar getah bening juga bisa terjadi misalnya limfoma.

    Untuk memastikan penyebab keluhan anda perlu dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang secara langsung oleh dokter. Berbahaya atau tidaknya keluhan tersebut tergantung dari hasil pemeriksaan. Begitu pula dengan pengobatannya. Pengobatan tergantung dari penyebab keluhan itu sendiri.

    Silakan baca artikel berikut:

    Beberapa Penyebab Benjolan di Leher yang Perlu Anda Tahu

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Apakah Berbahaya Benjolan di Leher Anak?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.