• Hania

    <p style=”text-align: left;”>Selamat siang dok..</p>
    Saya wanita 23thn, sedang menyusui… Beberapa kali memang merasa sembelit, perut kiri bawah serasa tidak nyaman,, setelah saya raba ada benjolan tapi agaknya memanjang di bawah kiri perut.. bentuknya menyerong pas disamping tulang pinggul, jika ingin bab benjolan terasa besar.. namun jika sudah selesai benjolan tersebut mengecil..  kira2 apa benjolan tersebut dok ??

    Selamat malam.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan benjolan di perut kiri saat susah BAB. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Benjolan di perut kiri saat anda mengalami sembelit bisa terjadi karena feses yang besar dan mengeras. Feses yang tidak bisa keluar lama kelamaan akan menumpuk dan jika kurang cairan maka feses akan semakin memadat dan keras sehingga teraba di perut.

    Penyebab sembelit atau susah BAB bisa terjadi karena banyak hal antara lain karena:

    • Kebiasaan menahan BAB terlalu lama sehingga membuat tinja makin lama dan mengeras di dalam kolon. Hal ini menjadi salah satu penyebab susah BAB.
    • Kurangnya asupan cairan juga dapat membuat tinja makin keras dan susah untuk keluar.
    • Makanan yang kurang mengandung serat menyebabkan tinja makin keras dan peristaltik usus kurang baik.
    • Asupan makan yang kurang
    • Aktivitas fisik sedikit.
    • Kebiasaan minum obat pencahar yang berlebihan malah akan mengganggu peristaltik usus.
    • Penyebab lainnya

    Ada baiknya anda menjaga asupan makanan anda dengan memperbanyak makanan mengandung serat seperti sayur dan buah – buahan (misal pepaya, dll), perbanyak konsumsi air putih, dan perbanyak olahraga. Jika keluhan berlanjut silakan konsultasi ulang ke dokter untuk memastikan penyebab keluhan anda dan mendapat terapi yang tepat sesuai kondisi anda saat ini.

    Cara Mengatasi Sembelit, Efektif dan Aman


    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Benjolan Diperut Kiri Bawah

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.