• Assalamu’alaikum Wr.Wb.
    Mau tanya dok, penyakit kulit yang saya alami ini sering muncul sesudah makan daging , ayam , telur dan sebagainya. Setelah makan yang saya sebutkan kok muncul benjolan kecil bernanah dan terasa sakit seperti kita mempunyai jerawat dok. Saya sudah sering periksa ke klinik dan puskesmas dan minum obat dari yang saya dapatkan, tetapi tetap kambuh lagi dok. Tolong solusinya dok.
    Terimakasih Dok.

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Jerawat atau dalam istilah medis disebut sebagai acne vulgaris terdiri dari beberapa gambaran klinis yakni dapat berupa komedo baik komedo hitam maupun putih, papul (penonjolan di atas permukaan kulit berukuran < 0,5 cm ), pustula ( gelembung/ penonjolan berisi nanah), nodus (penonjolan di atas permukaan kulit >0,5cm) ataupun gabungan semuanya. Istilah awam yang menyebut jerawat batu lebih ke arah jerawat yang berukuran besar / nodus dan biasanya memiliki konsistensi keras karena berada di bawah permukaan kulit. Untuk memastikan jenis jerawat anda harus dilakukan pemeriksaan langsung oleh dokter dengan pemeriksaan fisik. Penyebab jerawat sangat banyak sekali salah satunya karena pola hidup, alergi terhadap bahan makanan tertentu dan lain sebagainya. Jika jerawat yang anda alami muncul pasca makan makanan yang anda sebutkan di atas maka kemungkinan hal tersebut sebagai penyebabnya.

    Tatalaksana jerawat atau acne vulgaris terdiri dari dua hal yaitu upaya pencegahan munculnya jerawat dan upaya untuk menghilangkan jerawat yang muncul. Tindakan pencegahan berupa diet rendah lemak dan karbohidrat, bersihkan kulit setelah beraktivitas, hidup teratur dan sehat, cukup istirahat, hindari stres, gunakan kosmetik yang sesuai dengan kulit , dan lain sebagainya. Beberapa obat yang bisa diberikan berupa pengobatan topikal dengan salep atau krim yang mengandung sulfur, asam salisilat, asam azaleat, AHA, benzoil peroksida, kortikosteroid hingga antibiotik jika diperlukan. Pengobatan sistemik (obat minum) yang mengandung antibiotik, vitamin A dan retinoid. obat hormonal maupun obat anti radang lainnya juga dapat  diberikan pada kasus berat. Pengobatan harus di bawah pengawasan dokter.

    Silakan baca artikel berikut:

    Mengenal Jenis-jenis Jerawat Beserta Pengobatannya

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Bagaimana Mengatasi Benjolan Gatal Bernanah Setelah Makan Makanan Tertentu?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.