• Saya mau tanya dokter. Papa saya berumur 52tahun, ada benjolan di leher sebelah kirinya. Papa saya mempunyai penyakit gula. Benjolan itu sekitar 2 minggu. Ciri ciri benjolannya yaitu di atas lembek, di  tengah keras,dan di bawah lembek. Papa saya merasa badan lemas, pusing dan terasa sakit. Saya minta solusinya dokter. Terima kasih.

     

     

     

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Benjolan bisa disebabkan oleh banyak hal dan bisa terjadi di seluruh bagian tubuh termasuk di leher. Perlu digali informasi secara detail mengenai bagaimana karakteristik benjolan tersebut mulai dari ukuran, bentuk, konsistensi, warna, apakah benjolan tersebut mobile (bisa digerakkan) atau terfiksir (tidak bisa digerakkan). Berikut ini adalah beberapa kemungkinan penyebab benjolan pada leher yakni:

    • Limfadenitis atau infeksi pada kelenjar getah bening. Penyebab infeksi bisa karena berbagai jenis mikroorganisme termasuk kuman Tuberkulosis. Infeksi ini bisa terjadi karena infeksi primer pada kelenjar getah bening atau bisa juga karena infeksi sekunder dari tempat lain.
    • Limfoma atau tumor pada kelenjar getah bening juga bisa menjadi penyebab keluhan benjolan pada leher.
    • Tumor yang berasal dari berbagai lapisan kulit misalnya lipoma (berasal dari jaringan lemak kulit), fibroma (berasal dari jaringan fibrosa) dan lain sebagainya.
    • Penyebab lainnya

    Keluhan badan lemas dan pusing bisa terkait dengan keluhan benjolan atau bisa juga karena penyakit yang berbeda. Untuk memastikan penyebab keluhan ayah anda maka harus dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter baik dengan pemeriksaan fisik dan ataupun dengan pemeriksaan penunjang secara lebih detail. Pengobatan tergantung dari penyebab keluhan.

    Beberapa Penyebab Benjolan di Leher yang Perlu Anda Tahu

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Bagaimana Mengatasi Benjolan Leher di Sebelah Kiri?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.