• rizuki

    malem dok

    saya wanita umur 25

     

    saya memiliki benjolan di leher kiri sudah dudua tahun,

    nnamun beberapa bulan ini saya baru merasakan gejalanya,seperti sesak napas dan nyeri di dada,

    dan 2 bulan kemaren saya demam flu,batuk,sakit tenggorokan

    dan setelah sembuh dari demam banyak benjolan kecil kecil numbuh di leher kanan kkiri dan di bawah dagu

    saya kira benjolan akan hilang dengan sendirinya,tapi udah sebulan ga ilang ilang,dan dada saya makin bertambah terasa dan nyeri,akhirnya saya periksa ke puskesmas,dan di rujuk ke dokter bedah,setelah di periksa saya di suruh cek darah dan di rongent thorax hasilnya semua negative,dan di suruh biopsi sama dokternya

     

    ssetelah di biopsi 3 hari kemudian benjolannya numbuh lagi 2 tapi kecil kecil

    kira kira saya sakit apa yah dok,soalnya sempel dari hasil biopsi belum saya ambil ambil,karna saya lagi di luar kota

    terimakasih….

    Selamat pagi.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan benjolan di leher. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Keluhan benjolan sebenarnya bisa disebabkan oleh banyak hal. Keluhan ini bisa terjadi mulai dari ujung kepala hingga ujung kaki. Leher merupakan salah satu bagian tubuh dimana keluhan ini sering kali muncul. Namun penyebabnya sangat banyak sekali sehingga perlu dijelaskan secara detail mengenai karakteristik benjolan dan juga keluhan lain yang menyertai untuk membantu mengidentifikasi penyebab keluhan tersebut misalnya saja apakah benjolan terasa nyeri, apakah benjolan tampak meradang, sejak kapan keluhan muncul, bagaimana progresifitas timbulnya keluhan tersebut dan lain sebagainya.

    Benjolan di leher bisa terjadi karena beberapa hal, paling sering adalah karena gangguan di kelenjar getah bening. Penyebabnya bisa karena infeksi atau tumor. Infeksi pada kelenjar getah bening bisa terjadi karena virus, bakteri atau mikroorganisme lainnya. Sumber infeksinya bisa pada kelenjar itu sendiri atau berasal dari organ lain misalnya infeksi saluran napas atas dan sebagainya. Kelenjar getah bening berperan sebagai salah satu sistem imun tubuh. Jika tubuh sedang terserang infeksi maka kelenjar getah bening akan membesar sebagai salah satu respon tubuh terhadap adanya benda asing dalam tubuh. Selain karena infeksi pada kelenjar getah bening, penyebab lainnya bisa karena adanya tumor kelenjar getah bening atau tumor pada jaringan lunak lainnya misalnya tumor yang berasal dari lapisan lemak.

    Banyaknya kemungkinan penyebab ini membuat pentingnya pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang sehingga ada baiknya anda melakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter agar bisa dilakukan pemeriksaan – pemeriksaan tersebut secara langsung dan detail sehingga dapat tegak diagnosis penyakit yang anda alami. Pengobatan tergantung dari penyebab keluhan.

    Silakan baca artikel berikut:

    Beberapa Penyebab Benjolan di Leher yang Perlu Anda Tahu

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Benjolan Makin Banyak

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.