• Siang, saya umur 14 th. Jadi kurang lebih 2 minggu lalu saya menggaruk kepala saya dan lukanya agak dalam. Esoknya lukanya sudah tertutup. Saya sudah tidak memperhatikan luka itu lagi. Lalu beberapa hari yang lalu saya coba mencari bekas lukanya tapi tidak ada. Yang ada hanya seperti benjolan . Saya pikir itu bekas lukanya.. menurut dokter benjolan ini apa ya? Apakah itu tanda penyakit serius? Soalnya 2 minggu lalu di leher/bawah kepala saya juga ada benjolan, tetapi spertinya skrng sudah mengempis dan hanya terasa bila saya menundukkan kepala. Mohon bantuannya ya dok.. Terimakasih.

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan terkait benjolan sering kali masuk dalam forum ini. Perlu anda ketahui penyebab benjolan sangat banyak baik karena gangguan di kelenjar getah bening, jaringan lunak atau pun bisa juga pada tulang. Untuk mengetahui penyebab benjolan, pertama – tama yang perlu dicari tahu adalah karakteristik benjolan seperti ukuran, nyeri, mobile (bisa digerakkan) atau tidak, konsistensi dan lain sebagainya.

    Benjolan di bagian kepala bisa terjadi karena beberapa hal misalnya saja akibat trauma atau benturan sehingga menyebabkan peradangan pada jaringan lunak di kepala. Selain itu, benjolan juga bisa terjadi akibat kelenjar getah bening yang membesar. Kelenjar getah bening berperan sebagai salah satu sistem imun tubuh. Jika tubuh sedang terserang infeksi maka kelenjar getah bening akan membesar sebagai salah satu respon tubuh terhadap adanya benda asing dalam tubuh. Selain karena infeksi pada kelenjar getah bening, penyebab lainnya bisa karena adanya tumor pada kelenjar getah bening baik tumor jinak maupun ganas atau bisa juga karena tumor jaringan lunak lainnya. Penyebab lainnya juga masih mungkin terjadi mengingat banyaknya penyakit lain dengan keluhan yang sama.

    Banyaknya kemungkinan penyebab ini membuat pentingnya pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang sehingga ada baiknya anda melakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter agar bisa dilakukan pemeriksaan – pemeriksaan tersebut secara langsung dan detail sehingga dapat tegak diagnosis penyakit yang anda alami. Berat ringannya kondisi yang anda alami tergantung dari hasil pemeriksaan yang dilakukan.

    Silakan baca artikel berikut:

    Benjolan di Kepala? Ketahui Penyebabnya

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

    Terimakasih dok.. tetapi tadi malam setelah saya beri tahu orangtua langsung di kompres dan esoknya benjolan tersebut hilang. Menurut dokter benjolan tersebut apa ya?

Beranda Tanya Dokter Benjolan pada Kepala Setelah Luka

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.