• nafisaaas

    Selamat sore dok.

    Saya ingin bertanya tentang bekas cakaran kucing saya. Selama ini, jika kucing saya mencakar hanya berakibat bekas cakaran di kulit saya yang 2-3 hari hilang. Tetapi kali ini, ketika saya di cakar kucing saya, timbul bentol merah disertai rasa panas di bagian cakaran kucing tersebut.

    Saya memiliki riwayat alergi dingin, tetapi itu terjadi 4 tahun yang lalu dan 8 tahun yang lalu (kambuh, hilang, kambuh, hilang).

    Bentol kali ini sama persis dengan bentol alergi saya dahulu. Bedanya bentol nya tidak menyebar, hanya di bagian cakaran saja. Kalau seperti ini, apakah juga termasuk alergi ya dok? Lalu bagaimana pengobatannya ya?

     

    Terima kasih atas jawaban dokter.

    Selamat malam.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan bentol merah. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Keluhan bentol pada kulit sebenarnya bisa disebabkan oleh banyak hal. Sehingga sebenarnya perlu penggalian informasi secara lebih detail disertai pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang pada kulit guna menegakkan diagnosis penyakit yang anda alami.

    Berikut akan dijelaskan beberapa kemungkinan penyebab gatal yaitu antara lain:

    • Urtikaria juga menyebabkan gatal yang disertai bentol  – bentol pada kulit akibat reaksi inflamasi (peradangan) pada pembuluh darah kulit. Hal ini bisa disebabkan oleh banyak hal misal udara dingin, binatang, dsb.
    • Dermatitis kontak alergi ataupun iritan juga bisa menyebabkan keluhan bentol pada kulit disertai memerah.
    • Penyebab lainnya

    Tatalaksana yang diberikan tergantung diagnosis penyakitnya. Oleh karena itu silakan memeriksakan langsung ke dokter agar bisa dilihat gambaran klinis nya secara langsung.

    Kenali Penyebab Gatal Pada Kulit Anda

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Bentol Merah Akibat Cakaran Kucing

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.