• Selamat malam dok.

    Saya ingin bertanya dok, usia saya 34 tahun, satu bulan terakhir ini kepala terasa berat,dan seperti terasa kesemutan. Setelah saya periksa ke dokter, ternyata kolesterol saya tinggi mencapai 294/dl. Saya pun diberi resep obat paten LIPITOR. Apakah jumlah kolesterol tersebut dapat memicu stroke dan jantung? Mohon penjelasannya dok dan saran dari dokter. Terimakasih.

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Penyebab sakit kepala sebenarnya sangat banyak sekali, bisa karena hal ringan atau penyakit tertentu yang lebih berat. Secara umum ada banyak penyebab keluhan sakit kepala yaitu antara lain adalah:

    1.       Kelelahan fisik

    2.       Tekanan darah yang abnormal

    3.       Kolesterol darah tinggi (dislipidemia)

    4.       Efek makanan atau minuman tertentu, misalnya alkohol dsb.

    5.       Penyebab lainnya

    Untuk kadar kolesterol atau fungsi lipid dalam darah sebenarnya ada 4 komponen yang harus diperhatikan yaitu kolesterol LDL, HDL, trigliserida dan kolesterol total. HDL adalah kolesterol baik artinya semakin tinggi kadarnya (>50mg/dL) maka akan semakin baik. Sedangkan kolesterol lainnya bersifat jahat sehingga harus berada dalam nilai rendah yakni <200mg/dl. Sebenarnya jika kadar kolesterol jahat lebih tinggi dari ambang normal maka dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung koroner dan stroke. Tidak ada nilai pastinya. Intinya makin tinggi kadar kolesterol jahat maka risiko terjadinya penyakit – penyakit tersebut makin besar. Oleh karena itu sebaiknya selain dengan obat penurun kolesterol, alangkah baiknya jika anda menjaga pola hidup sehari-hari mulai dari menjaga asupan makanan dan berolahraga secara teratur.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Hindari! 13 Penyebab Sering Sakit Kepala

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

    Saya ucapkan terimakasih banyak atas jawaban dokter. Sukses selalu buat dokter.

Beranda Tanya Dokter Berapa Jumlah Kolestrol LDL yg Dapat Memicu Stroke dan Jantung?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.