• Sore dok saya mau tanya, saya kan baru nikah bulan April kemarin. Sebelumnya saya ingin menunda punya momongan dulu. Lalu saya kb suntik 1 bulan sebelum nikah, tapi hanya 1 bulan saja. Sekarang saya udah tidak kb dan saya ingin punya anak, kira-kira masa kesuburan saya berapa lama ya dok setelah kb suntik 1 bulan itu?

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    KB memiliki manfaat yang sangat baik untuk melindungi seorang wanita agar tidak hamil, namun alat kontrasepsi juga memiliki efek samping bagi penggunanya termasuk KB suntik 1 bulan. Sebenarnya pasca penghentian KB suntik 1 bulan seorang wanita sudah tidak lagi terlindungi dari kehamilan artinya jika organ reproduksi anda dan pasangan dalam keadaan sehat maka kemungkinan untuk hamil terbuka lebar. Tidak ada waktu pasti yang dapat menentukan kapan kesuburan seseorang akan kembali pasca penyuntikan KB hormonal. Namun dilihat dari sifat kandungan obat yang terkandung dalam KB suntik 1 bulan maka pasca selesai penyuntikan maka anda tidak terlindung lagi dari efek KB tersebut.

    Selain memiliki manfaat, KB suntik 1 bulan juga memiliki efek samping yaitu antara lain:

    • Efek karena kelebihan estrogen berupa mual, penumpukan cairan, sakit kepala, nyeri pada payudara, dan keputihan. Rasa mual yang muncul bisa disertai muntah, diare dan perut kembung.  Retensi cairan menyebabkan bertambahnya berat badan. Efek samping lainnya yang bisa muncul adalah hipertensi atau meningkatnya tekanan darah.
    • Efek karena kelebihan progesteron, antara lain menyebabkan perdarahan yang tidak teratur, nafsu makan dan berat badan bertambah, jerawat, rambut rontok hingga kebotakan, keputihan, hingga menstruasi sedikit atau tidak mens.

    Silakan baca artikel berikut:

    Makanan Penyubur Kandungan Agar Cepat Hamil

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Berapa Lama Efek Kb 1 Bulanaaa/

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.