• ass.wr.wb dok saya ian saya ingin bertanya seputar kuku kaki, dok kuku kaki ibu jari saya dicabut gara gara penyakit cantengan, itu kira” numbuhnya berapa lama ya dok?

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Kuku yang tumbuh terlalu panjang atau tumbuh menyamping memang kerap menabrak kulit dan jaringan lunak di sekitarnya sehingga menimbulkan keluhan nyeri dan jika berlanjut serta tumbuh bakteri bisa menimbulkan cantengan atau paronikia. Kuku yang tumbuh menyamping biasanya terjadi karena trauma akibat memotong kuku terlalu pendek hingga karena adanya benda asing pada bagian samping/pinggiran batas antara kuku dan kulit yang menyebabkan peradangan dan infeksi. Ada beberapa upaya untuk mengatasi cantengan antara lain dengan pemberian obat – obatan seperti antibiotik untuk membunuh bakteri dan obat antiiflamasi untuk mengurangi peradangan. Namun jika kuku sudah nekrosis (mati) maka perlu dilakukan tindakan ekstraksi (pencabutan kuku kaki).

    Setelah dicabut maka akan tumbuh kuku baru yang sehat. Namun kecepatan tumbuhnya kuku sangat bervariasi pada tiap individu. Biasanya perlu waktu yang cukup lama agar kuku bisa tumbuh kembali seperti semula (biasanya sekitar 3 bulan lebih untuk sampai ke kondisi semula). Namun seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa waktu ini bisa berbeda antar individu, bisa lebih cepat atau lambat.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Cantengan Jempol Kaki

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Berapa Lama Kuku Tumbuh Setelah Dicabut?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.