• mengapa seseorang sudah mengurangi makan dan rajin olahraga tapi bobot berat badan tidak bisa turun drastis?

    Selamat sore.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang berat badan yang tidak kunjung turun meskipun telah diet. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Pada kasus anda sebenarnya perlu dicari tahu dulu apakah berat badan anda termasuk ideal atau tidak. Untuk mengetahui apakah berat badan seseorang ideal atau tidak bisa diketahui dengan menggunakan rumus berikut ini:

    (Tinggi Badan-100) – 10% (Tinggi Badan – 100). Misalnya saat ini tinggi badan anda 162 cm maka berat badan ideal anda (162 – 100) – 10% (162-100) yakni 55,8. Sepuluh persen plus minus dari 55,8 masih termasuk normal. Sehingga untuk tinggi 162 cm, range berat badan ideal sekitar 49,6 – 62 kg.

    Penurunan berat badan sebaiknya tidak terlalu drastis. Dalam seminggu penurunan yang ideal antara 0,5 – 1 kg saja.

    Untuk menurunkan berat badan sebanyak 0,5 – 1 kg perlu dilakukan pembakaran kalori sekitar 500 kalori atau lebih. Anda harus membatasi asupan kalori anda dalam sehari untuk menurunkan berat badan.

    Oleh karena itu perlu perhitungan jumlah kalori yang sesuai. Untuk melakukannya silakan anda berkonsultasi langsung ke dokter agar bisa dilakukan perhitungan yang sesuai dan pemilihan jenis makanan yang sesuai. Forum ini sangat terbatas untuk melakukan hal – hal tersebut.

    Silakan baca artikel berikut yang terkait dengan keluhan yang anda rasakan:

    Buah untuk Diet : Cara Sehat Menurunkan Berat Badan

    Cara Menurunkan Berat Badan dengan Cepat

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Berat Badan Tidak Turun-turun Setelah Diet dan Olahraga

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.