• saya Alwi dok usia 28 tahun…secara fisik saya normal enggak pernah mengalami gangguan apapun..sampek pada satu saat beberapa tahun terakhir ini kaki saya muncul bercak aneh yang tidak ada rasa sakit sama sekali.

    padahal saya sangat menjaga kebersihan hidup dan pola makan..kaki saya muncul bercak kecil..yang berkumpul seperti membentuk ruam di bawah kulit samar berwarna merah kadang ungu.

    tapi kalau saya tidak memakai sepatu atau pakai sendal bercak nya semakin memudar menjurus coklat atau  hitam..bahkan saya pernah ke pantai bercak nya pernah hilang.

    tapi anehnya saya pernah berkonsultasi sama dokter  ahli kulit di kasih obat luar sama dalem..tapi enggak hilang nih bercak..kenapa ya dok..cukup mengganggu sih dok..ada saran atau masukan dari teman yang pernah mengalami hal yang sama?

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Perubahan warna pada kulit merupakan keluhan yang cukup mengganggu dan kadang menimbulkan ketidakpercayaan diri pada individu yang mengalaminya. Perubahan warna kulit ini bisa dalam bentuk timbulnya bercak merah, bercak putih atau bercak kehitaman pada kulit. Pada kasus yang anda alami dimana terdapat bercak/ bintikkecoklatan pada kulit yang cukup banyak bisa terjadi karena bebarapa hal. Bintik kecoklatan ini muncul karena pigmen melanin yang berlebihan pada kulit sehingga menimbulkan keluhan tersebut bisa muncul.

    Ada banyak penyebab keluhan ini yakni antara lain karena paparan sinar ultraviolet dari matahari yang tinggi, nutrisi pada kulit yang tidak baik (misal kurang asupan vitamin C dan juga vitamin B 12), adanya penyakit yang mendasarinya misalnya karena penyakit genetik (contoh: anemia fanconi), gangguan hati, adanya bekas luka seperti bekas alergi pada kulit dan masih banyak lagi.

    Untuk memastikan penyebab keluhan anda ada baiknya dilakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter spesialis kulit agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang yang sesuai guna menegakkan diagnosis penyakit yang anda alami. Pengobatan yang diberikan tergantung dari penyebab keluhan anda.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Gatal dan Bintik Hitam pada Tubuh

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Penyakit Bercak pada Kaki dan Betis Saya

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.