• aloylia cassandra

    Maaf saya mau tanya dok. Jadi begini, waktu itu saya ‘berbuat’ dengan suami saya lalu beberapa hari kemudian muncul bercak coklat, saya pikir saya akan mens tetapi tidak mens-mens.

    Setelah itu beberapa hari kemudian perut saya merasa mulas dan sakit perut bagian bawah seperti turun kebawah gitu dan untuk duduk pun terasa sakit linu.

    Keesokan harinya saya ‘berbuat’ lagi dengan suami saya tapi terasa sakit dan dinding rahim saya terasa dekat ujar suami saya, lalu besoknya saya muncul bercak coklat lagi agak menggumpal dan dikit. Sebelumnya saya minum EM Kapsul karena sebelum mens saya suka minum itu. Kira-kira kenapa ya dok? Terimakasih

    Selamat malam.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan nyeri saat berhubungan intim. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Nyeri saat berhubungan intim atau dalam istilah kedokteran dispareunia bisa disebabkan karena beberapa hal. Rasa nyeri bisa terjadi saat penis melakukan penetrasi ke dalam vagina, bahkan bisa dirasakan setelah selesai melakukan hubungan seksual. Beberapa kemungkinan penyebab keluhan ini antara lain:

    • Vagina yang kering karena kurangnya lubrikasi (pelumas) yang dihasilkan saat pasangan melakukan “foreplay” atau bisa terjadi karena penurunan kadar hormon estrogen.
    • Infeksi pada vagina, serviks (mulut rahim) atau organ reproduksi lainnya juga bisa menimbulkan rasa nyeri saat berhubungan seks.
    • Kontraksi berlebihan pada otot – otot yang menyokong vagina atau biasa disebut vaginismus. Hal ini menyebabkan keluhan nyeri saat berhubungan seksual. Biasanya vaginismus terjadi karena rasa takut yang berlebihan.
    • Endometriosis
    • Peradangan pada panggul (pelvic inflamatory disease/ PID) akibat infeksi pada saluran reproduksi dan panggul
    • Tumor atau kanker pada organ reproduksi.
    • Penyebab lainnya

    Untuk memastikan penyebab keluhan anda perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter. Pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang penting dilakukan guna menegakkan diagnosis penyakit yang anda alami.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Bercak Coklat Disertai Sakit Perut Bagian Bawah

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.