• Maaf apakah beresiko jika pen platina tak kunjung di lepas?

    Saya pernah kecelakaan dan patah tulang fibula dan di pasang pen platina.Tapi sampai sekarang belum di lepas
    Berbahaya kah bila tidak di lepas?

    Tapi sekarang tidak ada keluhan yang berarti.Tapi ada ke kahawatiran tentang itu Bagaimana  solusinya yang terbaik?
    Atas jawabannya terimakasih banyak

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com. tentang pelepasan pen. saya dr dina akan coba menjawab

    Pen atau merupakan implan yang dipasang pada tulang yang patah (fraktur) bertujuan untuk mempertahankan kedudukan tulang dalam posisi  anatomis (posisi yang benar) hingga proses penyembuhan tulang benar – benar terjadi .

    Dengan pemasangan pen  diharapkan setelah operasi pasien fraktur bisa lebih cepat melakukan aktifitasnya dengan atau tanpa bantuan alat bantu.

    Jenis pen juga beraneka ragam. Pemilihan jenis pen yang dipasang pada fraktur berbeda – beda tiap kasusnya karena pemilihan pen ini tergantung dari jenis tulang yang mengalami fraktur serta jenis patahan  tulangnya.

    Oleh karena itu dokter yang memeriksa dan menangani anda lah yang tentu lebih tahu karena ia yang melakukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjangnya.

    Pen bisa dilepas atau bisa juga tidak dilepas. Pen yang telah terpasang, jika tidak menimbulkan keluhan dan  gejala apapun bagi penderitanya maka aman, artinya pen tersebut tidak menimbulkan bahaya tertentu.

    Namun perlu anda ketahui bahwa tulang yang dilepas pennya, akan memiliki daya elastis seperti semula, sehingga jika terjadi benturan pada tulang maka tulang dapat dicegah untuk tidak patah kembali.

    Pada tulang yang tidak dilepas pennya, jika terjadi benturan meski kecil namun akan memiliki risiko untuk mengalami patahan karena tulang tidak elastis.

    Ada baiknya anda berkonsultasi langsung dengan dokter ortopedi yang menangani anda untuk memastikan mana yang terbaik bagi kondisi anda, apakah dilepas atau tidak dilepas pennya karena tentu beliau yang lebih tahu terkait kondisi klinis anda sesuai hasil pemeriksaan yang dilakukannya.

    Penyembuhan Patah Tulang


    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Pen atau merupakan implan yang dipasang pada tulang yang patah (fraktur) bertujuan untuk mempertahankan kedudukan tulang dalam posisi  anatomis (posisi yang benar) hingga proses penyembuhan tulang benar – benar terjadi . Dengan pemasangan pen  diharapkan setelah operasi pasien fraktur bisa lebih cepat melakukan aktifitasnya dengan atau tanpa bantuan alat bantu.

    Jenis pen juga beraneka ragam. Pemilihan jenis pen yang dipasang pada fraktur berbeda – beda tiap kasusnya karena pemilihan pen ini tergantung dari jenis tulang yang mengalami fraktur serta jenis patahan  tulangnya. Oleh karena itu dokter yang memeriksa dan menangani anda lah yang tentu lebih tahu karena ia yang melakukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjangnya.

    Pen bisa dilepas atau bisa juga tidak dilepas. Pen yang telah terpasang, jika tidak menimbulkan keluhan dan  gejala apapun bagi penderitanya maka aman, artinya pen tersebut tidak menimbulkan bahaya tertentu. Namun perlu anda ketahui bahwa tulang yang dilepas pennya, akan memiliki daya elastis seperti semula, sehingga jika terjadi benturan pada tulang maka tulang dapat dicegah untuk tidak patah kembali. Pada tulang yang tidak dilepas pennya, jika terjadi benturan meski kecil namun akan memiliki risiko untuk mengalami patahan karena tulang tidak elastis.

    Ada baiknya anda berkonsultasi langsung dengan dokter ortopedi yang menangani anda untuk memastikan mana yang terbaik bagi kondisi anda, apakah dilepas atau tidak dilepas pennya karena tentu beliau yang lebih tahu terkait kondisi klinis anda sesuai hasil pemeriksaan yang dilakukannya.

    Penyembuhan Patah Tulang


    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Beresiko Kah Waktu Pelepasan Pen di Tulang Tibula

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.