• m Sulkan Arif

    Dok mau nanya kemarin saya melakukan medical cek up dan hasilnya untuk SGPT saya tinggi di angka 58 itu kira-kira apa yang saya harus lakukan dok? terima kasih.

    Selamat pagi.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang pemeriksaan SGPT. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    SGPT merupakan enzim yang diproduksi oleh sel – sel hati dan berperan sebagai salah satu indikator dalam pemeriksaan fungsi hati. SGPT merupakan singkatan dari Serum Glutamic Pyruvate Transaminase atau dalam istilah sebelumnya disebut sebagai ALT (alanin aminotransferase).

    Ketika sel hati mengalami kerusakan, maka enzim ini akan keluar dan mengalir ke dalam aliran darah sehingga akan dapat terdeteksi dalam jumlah yang tinggi dalam darah.

    Pemeriksaan SGPT biasanya akan disertai dengan pemeriksaan SGOT yang merupakan sama – sama enzim yang diproduksi oleh hati. SGOT merupakan singkatan dari Serum Glutamic Oxaloacetic Transaminase atau disebut juga dengan AST (aspartate aminotransferase).

    Nilai normal SGPT adalah 0-35 u/L. Nilai SGPT anda yang berada pada poin 58 memang termasuk tinggi sehingga menunjukkan adanya gangguan pada fungsi hati anda.

    Namun harus dipastikan apa yang menjadi penyebab gangguan ini, misalnya apakah karena infeksi ataukah sebab lainnya. Pengobatan berbeda tergantung penyebab keluhan.

    Untuk mendapatkan penanganan terbaik ada baiknya dilakukan pemeriksaan secara langsung terlebih dahulu oleh dokter.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    SGOT dan SGPT : Nilai Normal, Tinggi, Rendah & Maknanya

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Bertanya Tentang Apa itu SGPT dan Apa yang Harus Saya Lakukan

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.