• Pradi LOEY

    Jadi saya mengalami seperti tekanan mental atau mungkin depresi, saya meluapkannya lewat pembuatan novel yang sedang saya kerjakan,saya merasa mood saya berubah-ubah,terkadang marah berlebihan seperti melukai diri sendiri atau menyendiri agar semua emosi yang saya rasakan keluar seperti menangis atau menahan kesakitan.

    Karena melukai diri sendiri tadi,keluarga saya selalu meremehkan saya dan itu membuat saya kurang bersemangat dalam menjalankan aktivitas dan juga saya terkadang bimbang,mudah kelelahan,jam tidur kurang atau berlebih,kesenangan melakukan aktivitas berlebih dan juga agresif sama delusi.

    Selamat pagi.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com mengenai keluhan depresi. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Perubahan mood sebenarnya merupakan keluhan yang cukup lazim dialami misalnya karena menghadapi situasi yang membuat seseorang tidak nyaman.

    Namun jika perubahan mood ini berlangsung begitu cepat dan begitu drastis bahkan hingga membuat seseorang berusaha melukai diri sendiri atau tindakan lain yang menyakiti diri serta membuatnya tidak bisa melakukan aktivitas sehari – hari dengan baik maka tentu sudah ada gangguan kejiwaan di dalamnya.

    Keadaan ini bisa muncul karena faktor pencetus tertentu misalnya hal – hal yang membuat seseorang tersebut mengalami kekecewaan mendalam baik dalam hal keluarga, pekerjaan, percintaan dan lain sebagainya.

    Individu yang mengalami hal ini sering sekali mengalami stress akibat kondisi yang dihadapinya. Jika keluhan ini tidak bisa dikendalikan oleh dirinya maka bisa muncul keluhan lain yang lebih berat.

    Oleh karena itu saya sarankan untuk anda melakukan pemeriksaan diri secara langsung ke dokter terutama dokter spesialis kedokteran jiwa.

    Hal ini penting dilakukan agar dapat diketahui apa sebenarnya yang menjadi penyebab keluhan anda dan agar anda mendapat terapi terbaik baik dengan jalan konseling maupun dengan obat – obatan guna mencegah bertambah beratnya keluhan yang anda alami Serta mengendalikan keluhan yang anda alami saat ini.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Anxiety Disorder : Gejala, Penyebab, Pengobatan

    Skizofrenia : Gejala, Penyebab, Pengobatan

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Bertanya Tentang Penyakit Mental

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.