• Selamat malam dok.

    Dua minggu belakangan ini saya mengalami beser yang cukup sering dengan intensitas urine yang lumayan banyak. Tapi warnanya masih bening. Setiap selesai BAK pasti saya langsung haus, otomatis saya minum. Lalu beberapa menit kemudian saya BAK lagi sampai 2-3 kali dan akhirnya malah jadi anyang-anyangan, keluar urine sedikit dan nyeri bagian perut bawah. Saya tidak demam,kencing tidak keruh, dan tidak ada darah.

    Hal tersebut terjadi selama 2 minggu kecuali saat mens. Dalam jangka 2 minggu itu, saya mengalami menstruasi selama 3 hari dan anehnya saat mens anyang-anyangan dan beser tersebut tidak muncul. Tapi setelah mens selesai kejadian itu datang lagi. Bagaimana solusinya dok ?

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan sering kencing bisa disebabkan oleh beberapa hal, mulai dari sebab ringan atau karena penyakit tertentu. Berikut akan dijelaskan beberapa kemungkinan penyebab keluhan ini yaitu antara lain:

    • Konsumsi air dalam jumlah banyak sekaligus. Jika kita banyak minum tentu saja akan menyebabkan sering kencing dan ini merupakan respon normal. Apalagi jika banyak minum dilakukan saat akan tidur malam hari. Air yang dikonsumsi tidak digunakan untuk aktivitas tertentu, tidak dikeluarkan lewat keringat karena memang tak ada aktivitas fisik yang dilakukan serta udara malam yang dingin. Hal ini tentu membuat keluhan sering BAK.
    • Suhu udara yang terlalu dingin, misal udara malam hari, hujan, AC, dsb.
    • Infeksi saluran kemih. Keluhan kencing berulang sering merupakan gejala infeksi saluran kemih (ISK). Namun biasanya disertai keluhan tidak puas sehabis kencing atau terasa anyang – anyangan, kadang juga disertai nyeri supra pubik ( bagian perut di atas kemaluan), demam, dan lain sebagainya.
    • Batu saluran kemih juga bisa menyebabkan keluhan sering kencing dan terasa anyang – anyangan. Kadang juga disertai nyeri saat BAK dan keluhan lainnya.
    • Konsumsi obat – obatan yang bersifat diuretik, misalnya hidroklorotiazid, furosemid dan lain sebagainya. Obat – obat ini biasanya digunakan untuk menurunkan tekanan darah, namun kadang juga digunakan dalam campuran obat diet (pelangsing tubuh).
    • Konsumsi minuman yang mengandung kafein, seperti kopi, minuman berkarbonasi, dsb dapat menstimulus kencing.
    • Konsumsi makanan yang banyak mengandung garam. Garam bersifat menarik air sehingga tak heran semakin banyak konsumsi garam maka akan semakin banyak air kemih yang dikeluarkan.
    • Dan lain sebagainya.

    Untuk memastikan penyebab keluhan anda silakan periksakan langsung ke dokter.

    21 Penyebab Anyang-Anyangan yang Tak Boleh Disepelekan

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Bagaimana Mengatasi Beser, Dehidrasi, dan Anyang Anyangan?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.