• Assalamualaikum

    mau tanya dok bibir saya kemarin mengalami pembengkakan secara tiba-tiba dan tidak tau kenapa itu juga tidak berasa sama sekali, tapi setelah beberapa jam mengecil sendiri.

    Dan kemudian harinya setelah bangun tidur mata saya juga bengkak dan sebelumnya juga tidak merasakan apa-apa. Itu kira-kira apa penyebab nya ya dok? Terimakasih

    Selamat malam.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com mengenai bibir dan mata yang tiba – tiba bengkak. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Pertama – tama yang harus dipastikan apakah anda memiliki riwayat alergi terhadap sesuatu misalnya obat – obatan, makanan, dan lain sebagainya?

    Gejala yang muncul pada seseorang yang mengalami alergi bisa berupa ruam kemerahan, gatal pada kulit, bengkak pada bibir dan mata hingga sesak napas dan juga pingsan.

    Pada kasus yang anda alami kemungkinan hal ini yang terjadi. Namun sebenarnya pasien sendiri yang dapat mengidentifikasi penyebab alerginya.

    Coba amati apa yang anda konsumsi sebelum keluhan tersebut muncul, atau adakah binatang yang berada di tempat tidur anda.

    Jika memang benar keluhan yang anda alami adalah karena alergi maka bisa diberikan obat alergi misalnya golongan anti histamin.

    Selain itu bisa juga diberi obat lain seperti golongan steroid dan obat lainnya untuk meredakan gejala yang muncul. Ada baiknya anda memeriksakan kondisi anda terlebih dahulu ke dokter untuk memastikan penyebab keluhan anda serta mendapat penanganan yang sesuai dengan kondisi anda saat ini.

    Kesalahan pengobatan malah dapat memperberat keluhan.

    Silakan baca artikel berikut ini untuk mendapatkan penjelasan lebih detail:

    Alergi Obat

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Bibir dan Mata Tiba Tiba Membengkak

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.