• lyputrii

    Halo dok, umur saya 14 tahun saya mengeluh karena bibir saya kering juga pecah pecah . Itu dimulai pada saat awal puasa, saat itu bibir saya masih kering belum pecah pecah.

    Nah pada hari ke 3 puasa bibir saya mulai pecah pecah, saya baru sadar bahwa pada saat itu saya memak lip thin teman saya , awalnya biasa saja tapi esok harinya bibir saya mulai pecah pecah dan kering .

    Saya slalu minum larutan penyegar saat berbuka dan juga mengoleskan madu  di bibir saya dan jika . Tapi sampai sekarang juga perubahannya belum memuaskan sama sekali . Dan juga pada saat senyum atau tertawa terasa sakit seperti ketarik , juga saat kumur atau berwudhu pasti ada putih putih di bagian pinggir pinggir bibir .

    Apa solusi terbaik buat saya ya dok?? Saya ingin bibir saya kembali ke semua lagi . Terimakasih

    Selamat Pagi.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan bibir kering dan pecah – pecah. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Keluhan bibir kering dan pecah-pecah sering sekali dialami oleh beberapa individu. Penyebabnya beraneka ragam mulai dari hal ringan atau karena penyakit tertentu yang lebih berat. Berikut akan dibahas beberapa kemungkinan penyebab keluhan tersebut:

    • Dehidrasi atau kekurangan cairan merupakan salah satu penyebab utama. Normalnya dalam sehari kita butuh rata – rata sekitar 2 liter air perhari. Jumlah ini dapat meningkat tergantung dari berat ringannya kegiatan yang dilakukan, suhu dan kelembaban udara, dan lain sebagainya.
    • Alergi juga bisa menjadi penyebab bibir kering dan pecah – pecah misalnya alergi terhadap kosmetik tertentu terutama lipstik. Jika kontak terus menerus dengan bahan penyebab alergi maka bibir akan semakin kering dan pecah – pecah.
    • Efek samping obat – obatan misalnya saja obat roaccutane untuk menghilangkan jerawat juga bisa menyebabkan keluhan kering pada kulit termasuk bibir. Bibir bahkan bisa pecah hingga berdarah karena terlalu kering.
    • Penyakit tertentu misalnya psoriasis, gangguan tiroid, dan lain sebagainya.
    • Penyebab lainnya

    Ada baiknya anda memperhatikan asupan cairan anda tiap harinya serta zat gizi lainnya. Jika keluhan masih berlanjut ada baiknya anda memeriksakan diri ke dokter agar bisa dilakukan pemeriksaan secara lebih detail.

    Silakan baca artikel berikut:

    Penyebab Bibir Kering dan Pecah-Pecah Bukan Hanya Dehidrasi Saja

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Bagaimana Cara Mengatasi Bibir Kering dan Pecah Pecah?

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.