• Kemarin bibir saya saya kelupas dan setelah itu bibir saya terasa perih dan sekarang ada lukanya seperti orang habis di garuk saat gatal bagai mana cara mengobati nya.

    Perlu diketahui, bibir saya sering kering dan pecah-pecah.

     

    Selamat sore.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang bibir lecet. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Pada kasus anda dimana bibir mengalami luka lecet akibat di kelupas sebenarnya tidak perlu pengobatan khusus karena nantinya akan sembuh dengan sendirinya.

    Kecuali jika luka lecet berlebihan dan menimbulkan rasa nyeri maka bisa diberi obat anti nyeri. Keluhan bibir luka yang anda alami adalah karena bibir terlalu kering.

    Berikut akan dibahas beberapa kemungkinan penyebab keluhan bibir kering:

    • Dehidrasi atau kekurangan cairan merupakan salah satu penyebab utama. Normalnya dalam sehari kita butuh rata – rata sekitar 2 liter air perhari. Jumlah ini dapat meningkat tergantung dari berat ringan nya kegiatan yang dilakukan, suhu dan kelembaban udara, dan lain sebagainya.
    • Alergi juga bisa menjadi penyebab bibir kering misalnya alergi terhadap kosmetik tertentu terutama lipstik. Jika kontak terus menerus dengan bahan penyebab alergi maka bibir akan semakin kering.
    • Efek samping obat – obatan misalnya saja obat roaccutane untuk menghilangkan jerawat juga bisa menyebabkan keluhan kering pada kulit termasuk bibir. Bibir bahkan bisa pecah hingga berdarah karena terlalu kering.
    • Penyakit tertentu misalnya psoriasis, gangguan tiroid, dan lain sebagainya.
    • Penyebab lainnya

    Ada baiknya anda memperhatikan asupan cairan anda tiap harinya serta zat gizi lainnya untuk mencegah bibir kering. Selain itu anda bisa mengoleskan pelembab bibir untuk memberikan kelembaban pada bibir dan mencegah timbulnya luka.

    Silakan baca artikel berikut:

    Penyebab Bibir Kering dan Pecah-Pecah Bukan Hanya Dehidrasi Saja

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Bibir Lecet Setelah di Kelupas, Bagaimana Mengobati Nya?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.