• Dok, saya mau tanya apakah berbahaya dengan nilai saya SGPT: 24,2 ; SGOT: 24,4 ;BILIBURIN: 1,21 dan GGT : 14,0 tolong dijelaskan apa bahayanya jika melampaui batas normal?

     

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    SGPT dan SGOT adalah enzim hati yang akan mengalami peningkatan kadarnya di dalam tubuh jika ada kerusakan pada  fungsi hati baik yang bersifat akut maupun kronis.   SGPT (Serum Glutamic Pyruvate Transaminase) dan SGOT (Serum Glutamic Oxaloacetic Transaminase) merupakan enzim yang terdapat di dalam sel parenkim hati. Karena SGOT juga bisa ditemukan di sel darah, jantung dan otot, maka peningkatan SGOT tidak selalu menunjukkan adanya kelainan di sel hati namun juga bisa terjadi peningkatan pada gangguan sel darah, otot dan jantung.

    Nilai normal SGPT adalah 0-35 u/L sedangkan nilai normal SGOT adalah 3-45 u/L. Ada beberapa variasi hasil nilai normal ini pada beberapa laboratorium meskipun tidak terlalu jauh. Hasil SGOT dan SGPT yang anda miliki masih berada dalam range normal.

    Gamma-glutamil transferase (gamma-glutamyl transferase, GGT) adalah enzim yang ditemukan terutama di hati dan ginjal. Kadar normalnya pada pria 15 – 90 U/L dan pada wanita 10 – 80 U/L. Hasil pemeriksaan Gamma GT anda juga berada dalam rentang nilai normal.

    Nilai normal bilirubin total adalah  0.2 – 1 (mg %). Meskipun kadar bilirubin anda meningkat namun peningkatan tidak terlalu signifikan. Alangkah baiknya jika anda ingin memastikan kondisi anda maka periksakan diri anda secara langsung ke dokter.

    Silakan baca artikel berikut:

    SGOT dan SGPT : Nilai Normal, Tinggi, Rendah & Maknanya

    Bilirubin : Nilai Normal dan Pemeriksaan

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Apa Bahayanya Biliburin,sgot,sgpt Jika Melampaui Batas Normal?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.