• Tangan
    Selamat malam dokter. Saya ingin bertanya, di bagian tangan saya terdapat bintik-bintik kecil berwarna sesuai kulit,tetapi tidak gatal. Awalnya hanya di bagian pergelangan dan sekarang  ini semakin banyak sampai kebagian lengan dan sedikit di paha. Mengapa bisa seperti itu ya dok? Bagaimana mengobatinya dok? Sudah saya oleskan bepanten dan cream elox, karena anak ipar saya pernah mengobati bintik-bintik dengan cream tersebut. Mohon jawabannya dok.Terimakasih.

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Penyakit kulit biasanya memiliki gambaran klinis yang mirip antara penyakit satu dengan lainnya. Begitu pun dengan keluhan bintik – bintik pada kulit. Perlu dicari tahu apakah permukaan bintik – bintik tersebut rata dengan permukaan kulit ataukah tidak. Selain itu apakah bintik – bintik tersebut terisi cairan atau masaa padat atau tidak. Penggalian informasi secara lebih detail dan juga pemeriksaan fisik perlu dilakukan untuk menegakkan diagnosis keluhan anda.  Beberapa penyakit yang dapat menyebabkan keluhan bintik pada kulit yang sewarna dengan kulit dan tidak gatal antara lain:

    • Hiperkeratosis folikularis.
    • Veruka vulgaris atau kutil
    • Skin tag
    • Infeksi virus dan lain sebagainya

    Untuk memastikan penyebab keluhan anda ada baiknya dilakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang yang sesuai guna menegakkan diagnosis penyakit yang anda alami. Pengobatan yang diberikan tergantung dari penyebab keluhan anda. Jika memang karena infeksi virus maka bisa diatasi dengan antivirus atau obat topikal lainnya. Jika karena kutil dan skin tag bisa dilakukan tindakan kauterisasi. Penanganan berbeda tergantung dari penyebab keluhan anda.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Bagaimana Mengatasi Bintik-bintik?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.