• Bintik marah pada DBD itu selalu muncul atau bisa tidak ?

    Selamat malam.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang bintik merah pada DBD. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    DBD atau demam berdarah dengue merupakan penyakit infeksi virus akibat gigitan nyamuk Aedes aegipty. Gejala yang muncul antara lain demam, keluar manifestasi perdarahan (berupa mimisan, gusi berdarah, bintik merah pada kulit), serta gejala lainnya.

    Tidak semua pasien DBD mengalami keluhan bintik merah pada kulit. Bisa saja pasien tidak mengalaminya karena masih tahap awal atau bisa saja manifestasi perdarahan lainnya yang muncul terlebih dahulu seperti mimisan. Oleh karena itu ada tidaknya bintik merah pada kulit tidak bisa menyimpulkan seseorang mengalami DBD atau tidak.

    Secara umum ada beberapa penyebab bintik merah pada kulit yaitu antara lain:

    • Infeksi jamur merupakan salah satu penyebab keluhan bintik merah dan gatal pada kulit.
    • Infeksi parasit juga dapat memberikan keluhan yang sama.
    • Dermatitis alergi misalnya karena bahan pakaian tertentu, bulu binatang dan lain sebagainya bisa menyebabkan keluhan bintik pada kulit yang terasa gatal.
    • Dermatitis venenata akibat toksin serangga, gigitan serangga, air liur serangga dan lain sebagainya bisa menyebabkan keluhan bintik merah yang terasa perih seperti melepuh.
    • Penyebab lainnya

    Penyebab Demam Berdarah (DBD), Cara Penularan, dan Pencegahannya

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Bintik Bintik Merah Saat DBD Selalu Muncul atau Tidak

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.