• Hallo dok, punggung tangan dan punggung kaki sampai ke betis saya tumbuh bintik-bintik. Sudah setahun lebih kejadiannya. Bintiknya tidak gatal dan seperti ada cairan didalamnya.

    Saya sudah pernah ke dokter umum katanya ini akibat dari pencernaan saya yang kurang bagus lalu saya diberi obat. memang saat mengkonsumsi obat tersebut bintik-bintik di tangan saya membaik namun setelah obat habis, bintiknya muncul kembali.

    Setelah itu saya ke dokter kulit, dokter tersebut tidak mengerti penyebabnya dan menanyakan apakah saya alergi terhadap sesuatu dan saya jawab tidak ada alergi. kemudian dokter tersebut resepin saya obat alergi, obat gatal dan salep. kejadiannya sama, selama mengkonsumsi obat dan salep yang diberi, bintik saya membaik tapi setelah obat dan salepnya habis, bintik tersebut tumbuh lagi.

    Kemudian saya coba ke dokter aesthetic, dokter tersebut bilang ini penyebabnya dari dalam dan beliau tidak bisa beri obat karena beliau bilang setelah obat yang di beri habis bintik tersebut akan tumbuh lagi. saya di sarankan untuk konsul ke dokter spesialis penyakit dalam tapi saya mencari dokter spesialis penyakit dalam.

    mengingat saya sebenarnya memiliki kelenjar getah bening di bagian leher dan sudah pernah mencari dokter spesialis penyakit dalam tetapi dirujuk lagi ke dokter spesialis onkologi karena tidak dapat di tangani dokter spesialis penyakit dalam biasa. apakah bintik saya berhubungan dengan kelenjar getah bening yang ada di leher saya?

    bintik ditangan

    bintik tidak gatal dan seperti dada cairan di dalamnya.

    Saya berharap bisa cepat menyembuhkan bintik di kulit saya karena bintik bintik-bintik ini membuat saya kurang percaya diri.

    terima kasih sebelumnya, dok.

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Penyakit kulit biasanya memiliki gambaran klinis yang mirip antara penyakit satu dengan lainnya. Begitu pun dengan keluhan bintik putih pada kulit yang anda alami. Salah satu kemungkinannya karena keratosis pilaris. Keratosis pilaris merupakan suatu penyakit dimana permukaan kulit menjadi kasar dan muncul bentol-bentol kecil mirip jerawat. Biasanya keluhan ini tidak menimbulkan rasa nyeri atau gatal, serta bisa berwarna putih atau merah. Keratosis Pilaris disebabkan oleh penumpukan keratin  (protein yang melindungi kulit dari zat berbahaya dan infeksi). Keratin akan menyumbat lubang pori sehingga membuat pori-pori melebar. Jika sumbatan banyak  terjadi maka akan menyebabkan permukaan kulit menjadi kasar dan tidak rata. Namun untuk memastikan penyebab keluhan anda apakah benar karena keratosis pilaris atau bukan maka perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang yang sesuai. Pengobatan yang diberikan tergantung dari penyebab keluhan anda.

    Untuk keluhan pembesaran kelenjar getah bening bisa disebabkan oleh banyak hal mulai dari infeksi pada kelenjar itu sendiri atau bersumber dari organ lain. Selain karena infeksi, masih banyak kemungkinan penyebab keluhan ini antara lain karena tumor atau sebab lain. Tidak bisa memastikan apakah kedua keluhan yang anda alami saling berkaitan atau tidak jika tidak dilakukan pemeriksaan secara langsung. Oleh karena itu silakan kunjungi dokter secara langsung.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Pembengkakan Kelenjar Getah Bening : Penyebab dan Pengobatan

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Bintik-bintik pada Punggug Tangan dan Kaki

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.