• Mpie

    Siang dok,

    Anak saya usia 18 bulan.  Demam tinggi 39,2° disertai pilek. Lalu diberi paracetamol dan demam mulai turun. Setelah itu muncul bintik merah di area punggung dan samping ketiak. Esoknya demam naik turun 38°. Bintik merah semakin banyak hingga kaki. Apakah normal karena efek demam atau ada penyakit lain?

    Terima kasih sebelumnya

    Selamat malam.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan bintik merah dan demam. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Penyakit kulit biasanya memiliki gambaran klinis yang mirip antara penyakit satu dengan lainnya. Begitu pun dengan keluhan bintik – bintik merah pada kulit yang didahului oleh demam. Dalam forum ini kami tidak bisa memastikan penyebab keluhan pasien namun hanya memberikan kemungkinan – kemungkinannya saja. Karena penegakan diagnosis baru bisa dilakukan dengan penggalian informasi secara detail ke pasien, pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang. Penyebab keluhan bintik merah disertai demam bisa karena beberapa hal antara lain sebagai berikut:

    • Varicella atau cacar air. Bintik merah akan berubah menjadi lenting berisi air.
    • Roseola infantum. Bintik merah biasanya muncul setelah demam turun.
    • Morbili atau campak. Bintik merah biasanya menyebar di seluruh bagian tubuh.
    • Flu singapur. Bintik merah biasanya muncul pada tangan dan kaki disertai sariawan pada mulut.
    • DBD. Bintik merah tidak hilang dengan penekanan.
    • Penyebab lainnya

    Untuk memastikan penyebab keluhan anda ada baiknya dilakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang yang sesuai guna menegakkan diagnosis penyakit yang anda alami. Pengobatan yang diberikan tergantung dari penyebab keluhan anda.

    Mengenal Penyakit Ruam Kulit

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Bintik Merah pada Anak

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.