• Nesi

    Tanggal 12 maret saya pendarahan sampai tanggal 14 maret puncaknya saya keguguran. Tanggal 15 maret saya ke dokter dan disarankan u/ kuret tapi saya tidak mau karena takut. Akhirnya saya diberi misoprostol u/ 3 hari tapi obat ini tidak bereaksi pada saya.

    Saat konsumsi obat ini pendarahan berhenti pada hari sabtu tp saya ttp melabjutkan minum obat hingga minggu. Senin saya kontrol lagi dan ternyata sisa jarongan itu blm hilang. Dan saya diberi misoprostol lagi u/ satu minggu ke depan.

    Tapi stlah 1 hr saya konsumsi obat ini tetap tidak ada reaksi spt kram perut dsb. Tgl 27 maret nanti saya kontrol lg. Dan apabila hasil kontrol nanti ttp blm beraih apakah tindakan kuret masih bisa dilakukan meskipun telah 3 minggu pasca keguguran dan kemarin wkt kontrol dokter bilang jalan lahir sdh mulai mengecil. Apakah harus mebstruasi dulu? Terimakasih. Mohon pencerahannya dok.

    Selamat malam.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang kuretase. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Kuretase dilakukan untuk membersihkan hasil pembuahan yang tidak berkembang dalam rahim ibu. Tindakan ini merupakan salah satu tatalaksana terbaik pada wanita yang mengalami keguguran (abortus). Jika memang berdasarkan hasil pemeriksaan masih dinyatakan terdapat sisa jaringan dalam rahim anda maka tindakan kuretase tetap perlu dilakukan meski sudah 3 minggu pasca keguguran.

    Setiap tindakan pengobatan yang dilakukan pasti memiliki risiko, termasuk juga dengan tindakan kuretase. Ada beberapa keluhan yang sering dialami oleh wanita pasca kuret antara lain perut yang tampak buncit, keras atau seperti kram. Namun biasanya gejala ini hanya bersifat sementara saja. Proses pemulihan berbeda tiap individu. Ada yang hanya membutuhkan waktu beberapa jam hingga beberapa hari atau minggu. Namun jika keluhan terasa memberat apalagi hingga disertai demam tinggi maka ada baiknya anda memeriksakan diri ke dokter karena dikhawatirkan terjadi infeksi pasca tindakan kuretase. Jika memang terjadi infeksi maka perlu pengobatan dengan pemberian antibiotik dan obat simptomatik lainnya untuk mengurangi gejala.

    Pengobatan yang tidak adekuat atau kurang tepat malah akan memperberat keadaan anda. Oleh karena itu saya sarankan anda untuk kontrol lagi ke dokter spesialis kandungan di daerah anda. https://mediskus.com/kuretase

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Bisakah Kuret Dilakukan Setelah 3 Minggu Pasca Keguguran?

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.