• Selamat pagi dok, . . dok saya sedang sakit flu boleh gak sih dok saya minum obat flumin tetapi saya sedang hamil 6 minggu. Sedang kandungan dari flumin itu Paracetamol 300mg, phenylpropanolamin HCL 15mg, cholpeneramine maleate 2 mg.

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Kehamilan merupakan kondisi yang diidam – idamkan hampir tiap pasangan yang menikah. Saat kehamilan perlu dijaga agar asupan makanan yang dikonsumsi ibu hamil tidak membahayakan bagi ibu maupun janinnya. Begitu pula dengan obat – obatan yang diminum. Ibu hamil memang rentan terhadap penyakit, termasuk adalah flu yang sering menyerang. Banyak obat flu yang beredar dan dijual bebas di Indonesia merupakan gabungan beberapa jenis obat. Obat flu biasanya dikombinasikan dengan obat demam  seperti paracetamol dan juga obat batuk seperti gliceril guaiacolate, dextromethorphan, dan sebagainya. Selain itu obat pilek yang sering menjadi obat kombinasi berupa phenylpropanolamine, chlorpheniramine maleate dan sebagainya.

    Kebetulan obat yang anda tanyakan adalah obat flu yang mengandung paracetamol, phenylpropanolamine, dan chlorpheniramine maleate. Obat paracetamol dan chlorpheniramine maleate termasuk dalam kategori B yakni obat tersebut bagi ibu hamil dan janin yang dikandungnya. Sedangkan untuk phenylpropanolamine masuk dalam kategori C yakni sebaiknya obat digunakan jika perlu karena ada kemungkinan bisa memberikan efek samping pada janin yang dikandung. Oleh karena itu anda bisa memilih jenis obat lain yang lebih aman. Silakan periksakan langsung ke dokter dan hindari penggunaan obat bebas.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Mengetahui Penyebab Flu dan Mencegahnya

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Bolehkah Minum Obat Flu Saat Hamil Muda ?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.