• wahyu adi pratama

    assalamualaikum dok.

    saya ingin bertanya nih dok. apabila ketika saya terkena gejala tipes ini untuk yang kedua kalinya penyakit ini kembali lagi. saat penyakit ini muncul kan perut itu sakit ya biasanya seperti maag. nah boleh gak sih dok sebenarnya minum susu saat penyakit ini kambuh? mengingat susu dapat meningkatkan asam lambung. lalu boleh tidak sih minum teh ya, tapi teh kan mengandung kafein tuh dimana kafein biasanya penyebab dehidrasi. tolong jelaskan dok. lalu apa sifat penyakit tipes ini menetap seperti malaria?

    Selamat pagi.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang gejala tipus. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Tipus abdominalis merupakan infeksi akibat bakteri Salmonella typhi yang memiliki gejala klinis berupa demam yang berlangsung lebih dari 7 hari, mual, muntah, keluar keringat dingin, badan lemah, dan kadang disertai diare atau malah sembelit. Untuk memastikan diagnosis tipus perlu dilakukan pemeriksaan lanjutan berupa tes serologi anti Salmonella, hingga pemeriksaan kultur.

    Pengobatan tipus abdominalis dengan pemberian antibiotik untuk membunuh kuman dan juga pemberian obat simptomatik untuk mengatasi gejalanya. Obat simptomatik berupa obat penurun panas, obat mual, muntah dan lain sebagainya. Konsumsi susu dan minuman berkafein seperti teh asal dalam jumlah yang tidak berlebihan sebenarnya tidak ada larangan, selama pasien tidak merasakan mual ataupun menambah keluhan lain setelah meminumnya.

    Pada prinsipnya setiap penyakit infeksi dapat hilang total selama mendapat pengobatan yang tepat termasuk tipus dan malaria. Jika seseorang mengalami tipus berulang artinya ia terinfeksi kuman yang baru dan bukan kambuhan, begitu pula dengan malaria.

    Silakan baca artikel berikut

    Kenali Gejala Typus (Tifus) yang Mungkin Anda Derita

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Bolehkah Minum Susu dan Minum Kafein Saat Sakit Tipus

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.