• Salam sejahtera.

    Sejak awal hamil untuk mengatasi mual muntah saya minum air es (freezer) dan karena udara panas di kamar selalu saya hidupkan kipas angin. Memasuki usia kehamilan yang ke-7 bulan saya mulai batuk dan makin lama makin parah sampai keluar dahak kuning kental.

    Menjelang magrib atau subuh  ketika udara dingin batuk mulai menyerang. Namun dahak/lendir yg tadinya kuning kental menjadi bening tapi kental. Leher gatal dan nafas sesak hingga sekarang setelah melahirkan masih batuk disertai sesak nafas. Terutama menjelang magrib dan subuh ketika udara lebih dingin.

    Dari kondisi saya tersebut apakah saya bisa dikatakan terserang bronkhitis atau asma atau diagnosa lain? Sebagai info sebelumnya sekitar thn 2009-2011 saya pernah terkena asma. Namun sembuh dan kambuh lagi sekarang ketika batuk dan udara dingin. Dada rasanya penuh sesak dan tidak nyaman. Untuk mengatasi sesak saya menggunakan inhaler Berotec. Mohon penjelasannya, terimakasih. atas jawabannya

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Mohon maaf dalam forum ini kami tidak dapat memastikan penyebab keluhan anda dan menentukan diagnosis penyakit yang dialami pasien karena pada hakikatnya untuk menentukan diagnosis penyakit seseorang perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter baik dengan pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang. Namun kami hanya bisa menguraikan beberapa kemungkinan penyebab keluhan batuk dan sesak seperti yang anda alami yakni antara lain karena:

    1. Infeksi pada parenkim paru, yang paling sering adalah akibat tuberkulosis paru karena infeksi bakteri Micobacterium tuberculosis. Gejala TBC paru antara lain berupa batuk lama lebih dari 3 minggu baik tanpa darah atau pada tahap lanjut dapat muncul keluhan batuk berdarah). Keluhan lain TBC paru yaitu demam tanpa sebab yang jelas dalam 1 bulan terakhir terutama saat malam hari, penurunan berat badan dan lain sebagainya.
    2. Bronkhitis atau infeksi pada bagian bronkhus paru juga bisa menyebabkan keluhan batuk dan juga sesak.
    3. Asma menjadi salah satu penyebab sesak dan batuk. Selain itu pada asma terdapat adanya bunyi mengi yang dialami oleh pasien. Bunyi mengi ini bisa didengar secara langsung namun ada juga yang baru bisa didengar setelah dilakukan pemeriksaan fisik dengan stetoskop pada bagian paru pasien.
    4. Penyebab lainnya

    Karena kemungkinan penyebabnya sangat banyak maka perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung baik berupa pemeriksaan fisik maupun pemeriksaan penunjang oleh dokter sehingga dapat ditentukan diagnosis pastinya serta mendapat terapi yang sesuai. Pengobatan tergantung dari penyebab keluhan anda.

    30 Penyebab Sesak Nafas Disertai Ciri-cirinya

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Batuk Ketika Udara Dingin Gejala Bronkhitis?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.