• Mengapa pada kasus bronkopneumonia pada anak sering sekali mengeluh batuk di malam hari? Dan bagaimana pada hasil rontgen thorax bisa terjadi bercak putih?

    Terimaksih

    Selamat siang.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan batuk. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Bayi dan anak memiliki daya tahan tubuh yang masih belum berkembang sempurna maka tak heran jika makhluk mungil ini rentan terserang penyakit, kebanyakan terjadi karena infeksi. Salah satu keluhan yang sering muncul dan dialami oleh bayi dan anak adalah keluhan batuk baik berdahak maupun tidak.

    Penyebab keluhan ini  antara lain karena:

    • Iritasi pada saluran napas. Beberapa kondisi yang mencetuskan keadaan ini antara lain karena alergi, asap rokok, debu dll.
    • Infeksi bakteri menjadi salah satu kemungkinan penyebab tersering. Akibat infeksi bakteri, bayi dan anak akan mengalami batuk. Jika berdahak, maka akan terjadi perubahan warna pada dahaknya. Biasanya disertai keluhan demam. Salah satu penyakit infeksi yang terjadi adalah pnemonia
    • Infeksi virus. Mikroorganisme ini bisa menyebabkan keluhan batuk, pilek hingga demam.
    • Dan lain sebagainya

    Batuk pada pnemonia sebenarnya tidak hanya terjadi pada malam hari. Namun memang kadang pada malam hari lebih sering terasa karena pada saat ini anak dalam keadaan istirahat serta suhu udara yang lebih dingin.

    Untuk bercak putih pada rontgen paru sebenarnya bisa banyak maknanya. Ada yang normal dan ada yang tidak tergantung gambarannya. Untuk penjelasan lebih detail seputar gambaran rontgen paru pasien harus dilihat langsung foto rontgennya. Oleh karena itu silakan konsultasi secara langsung dengan dokter di daerah anda.

    Batuk Pada Bayi – Penyebab dan Cara Mengatasi


    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Bronkopneumonia Anak

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.